BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era yang penuh dengan tantangan ini, para pebisnis harus lebih
berani dalam menghadapi gejolak permasalahan yang terjadi. Banyaknya
persaingan dalam dunia bisnis membuat pemasar harus mempunyai
strategi pemasaran yang jitu. Semakin kompetitif dunia pemasaran
semakin membutuhkan ide-ide cemerlang atau trik-trik dalam
memenangkan pasar, agar memperoleh keunggulan bersaing.
Untuk dapat bersaing dalam tawaran pasar, mereka perlu terus
menerus memikirkan ciri dan manfaat nilai tambah baru untuk
mendapatkan perhatian dan minat dari konsumen yang peka harga, kaya
pilihan. Menurut Trout (2000:14), pemilihan barang diantara banyak
produk selalu berdasar pada perbedaan, implicit atau eksplisit. Karena
“perbedaan” mencolok yang terkait dengan suatu produk akan
merangsang daya ingat, karena “perbedaan” tersebut akan diapresiasikan
secara intelektual.
Menurut Kotler (2002: 328), diferensiasi adalah serangkaian
perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan
tawaran pesaing. Perusahaan dapat mendiferensiasikan tawaran pasarnya
16
menurut lima dimensi yaitu: 1. produk, 2. pelayanan, 3. personalia, 4.
saluran pemasaran, dan 5. citra.
Sedangkan semua perusahaan menghadapi tantangan yang terus
menerus didalam mendefinisikan dan mengembangkan produkproduknya
terhadap para pelanggan. Tetapi kebanyakan upaya-upaya
dalam menciptakan produk-produk baru adalah gagal, sekalipun
dilakukan melalui upaya-upaya terbaik. Diatas 60% semua upaya dalam
pengembangan produk baru adalah tenggelam sebelum produk tersebut
menjangkau pasar. Sementara dari sisanya 40% adalah gagal untuk dapat
memberikan keuntungan, dan bahkan ditarik dari pasar. (Sihombing,
Haery. 2007. Manufacturing Engineering Faculty of Teknikal Malaysia.
www.scribd.com. 19 Juli 2009)
Melalui diferensiasi produk tersebut dapat membantu dalam
mengembangkan produk-produknya, sehingga dapat menjangkau pasar.
Penelitian ini didukung oleh penelitianya Raka Sukawati (2007), yang
berjudul pengaruh strategi diferensiasi tehadap kepuasan pelanggan Pita
Maha A Tjampuhan Resort & Spa. Dan penelitianya Arief, Rahayu, dan
Thoyib yang berjudul Analisis Strategi Diferensiasi yang berpengaruh
terhadap keunggulan bersaing pada industri Hotel Melati III Di Kota
Malang.
Mengamati persaingan industri operator seluler tentunya tidak
akan terlepas dari persaingan ketat diantara beberapa operator seluler .
No comments:
Post a Comment