ABSTRAK
Alfu Baiduri A 04610002 ) و ) 2009. “Pengaruh Konsep Attachment Terhadap
Loyalitas Pelanggan Kartu XL (Survei Pada Xl Center Cabang
Malang)”.
Pembimbing : Dr. Salim Al Idrus. MM., M.Ag.
Kata Kunci : Konsep Attachment, Loyalitas Pelanggan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan
bisnis telekomunikasi di Indonesia yang mengarah pada perang tarif.
Strategi perang tarif ini juga merambat pada harga kartu perdana (starter
pack) yang semakin murah, di mana harga jualnya di bawah nilai pulsa
yang ada di dalamnya untuk menarik pelanggan baru. Di satu sisi
perusahaan berusaha untuk terus menambah jumlah pelanggannya
dengan menjual kartu perdana murah, namun di sisi lain perusahaan juga
dengan mudah akan ditinggalkan pelanggannya karena kartu perdana
hanya digunakan sebagai Calling Card.
Konsep Attachment adalah sebuah konsep yang mencakup
tentang nilai internal dan eksternal yang menjadi pertimbangan
konsumen dalam mengambil suatu keputusan yang dihubungkan dengan
loyalitas pelanggan. Konsep ini mengandung dua variabel yaitu
Preferensi Konsumen (X1) sebagai faktor internal yang berasal dari dalam
diri konsumen dan lingkungannya dan Diferensiasi Produk (X2) sebagai
faktor eksternal.
Lokasi penelitian pada XL center cabang Malang, besarnya
sampel dapat ditentukan sebesar 100 responden dengan menggunakan
rumus Malhotra yaitu jumlah sampel minimal 4 atau 5 kali dari jumlah.
No comments:
Post a Comment