BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pemasaran dewasa ini bukanlah sekedar pertempuran produk, melainkan juga pertempuran persepsi konsumen. Persepsi konsumen salah satunya dapat dibangun melalui jalur merek, yaitu dengan memahami perilaku merek. Merek yang prestisius cenderung memiliki ekuitas merek yang kuat. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, maka semakin kuat daya tariknya untuk menggiring konsumen mengkonsumsi produk yang bersangkutan. Hal ini berarti akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk meraup keuntungan yang lebih besar di masa mendatang.
Merek sebuah produk merupakan asset yang amat penting dan bernilai, yang harus selalu dikembangkan, diperkuat, dipertahankan, dan dikelola oleh perusahaan. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengembangkan merek tersebut yaitu dengan melakukan ekstensifikasi (perluasan) merek (Kotler, 1997:71). Dalam hal ini, akan menjadi lebih penting bagi perusahaan untuk memiliki pasar daripada memiliki pabrik, dan satu-satunya cara untuk memiliki pasar adalah dengan memiliki merek yang dominan (Retnawati, 2003:39).
No comments:
Post a Comment