BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era globalisasi informasi saat ini, keberadaan informasi
menjadi penting, bahkan diakui bahwa informasi bisa dijadikan komoditi
yang turut diperhitungkan dalam penentuan kebijakan dan dasar bisnis
ekonomi yang dilakukan manusia, baik secara sengaja atau tidak
(Prisgunanto, 2006 : 1). Akibat pertumbuhan informasi yang semakin
cepat hingga menyebabkan dunia mengalami perubahan. Pesatnya
perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi menjadi salah
satu faktor dominan yang menyebabkan perubahan dalam lingkungan
bisnis dan pemasaran. Akibatnya, kondisi pasar menjadi sangat
kompetitif dan pola perilaku konsumen yang semakin segmented
(Estaswara, 2008 : 154).
Peradaban bisnis sekarang ini telah memasuki era komunikasi.
Dengan masuknya era televisi di Indonesia yang dimulai pada awal
dekade tahun 1990-an hal ini menandakan dimulainya hubungan antara
industri periklanan dan stasiun televisi. Faktanya, pada tahun 2007 angka
belanja iklan nasional di media televisi mencapai Rp 23 triliun atau sekitar
66% dari total belanja media dan mengalami kenaikan sekitar 17 % dari
tahun sebelumnya (Estaswara, 2008 : 137).
No comments:
Post a Comment