BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi perdagangan sekarang ini aktivitas pemasaran
memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Kegiatan
pemasaran perusahaan dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan
konsumen yang perlu dipuaskan. Usaha untuk memuaskan konsumen
bukanlah hal yang mudah dilakukan karena diperlukan usaha-usaha
yang keras untuk merebut simpati dan menciptakan keinginan
pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.
Pada umumnya perusahaan dalam proses pemasarannya
mempergunakan strategi yang biasa dikenal dengan bauran
pemasaran (marketing mix). Strategi pemasaran tersebut menyangkut
produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place). Dari
keempat faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang harus
diperhatikan oleh manajer pemasaran dalam mengambil kebijakan
mengenai strategi pemasaran, akan tetapi dari keempat faktor tersebut
promosi dirasa paling dominan dalam peranan pemasaran dimana
tanggung jawab pemasaran yang penting adalah merencanakan dan
mengkoordinasikan strategi promosi terpadu dan memilih strategi
untuk komponen-komponen promosi. (Kotler, 2005: 86 )
1
No comments:
Post a Comment