BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam era persaingan perusahaan seperti
sekarang ini laju persaingan antar perusahaan semakin tajam. Persaingan
merupakan masalah yang timbul dari luar perusahaan dimana persaingan akan
timbul dari perusahaan lain yang sejenis. Salah satu cara untuk memenangkan
persaingan itu adalah dengan mendapatkan konsumen yang sebanyak-banyaknya yaitu
dengan cara mempromosikan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Pada dasarnya
suatu perusahaan didirikan adalah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, baik
tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Salah satu faktor penunjang dalam
pencapaian usaha tersebut adalah dalam bidang “analisis biaya promosi”. Biaya promosi adalah semua beban yang
dikeluarkan guna keperluan promosi. Biaya promosi adalah unsur dari laporan
keuangan sehingga apabila kita ingin menganalisis biaya promosi maka kita harus
menelaah laporan keuangan dahulu. membedah laporan keuangan kedalam unsur-unsurnya,
menelaah masing-masing unsur tersebut dan menelaah hubungan antara unsur-unsur
tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan
tepat atas laporan itu sendiri, sehingga kita temukan unsur biaya promosi dan
hubungannya dengan unsur lain.
Kemampuan
perusahaan dalam mengatur keuangannya dapat mendatangkan keuntungan yang tak
sedikit bagi perusahaan. Dalam mengeluarkan biaya perusahaan harus berusaha
menyesuaikan dengan kebutuhan tanpa meninggalkan norma-norma perdagangan.
Secara teknis
hal ini dapat dicapai apabila perusahaan dapat menentukan strategi pemasarannya
dengan cara menganalisa tepat terhadap kegiatan pada marketing mix yaitu
mengadakan analisa terhadap produk, harga, saluran distribusi maupun promosi.
Promosi merupakan
salah satu bidang dari kegiatan pemasaran yang pada umumnya dapat digunakan
bagi perusahaan dalam usaha memperbesar volume penjualannya. Hal ini dilakukan
apabila produk harga saluran distribusi telah ditetapkan secara tepat oleh
perusahaan, maka promosi akan berperan sangat penting.
Dalam melakukan kegiatan
produksi, perusahaan memerlukan suatu pengorbanan biaya yang cukup besar.
Dengan biaya promosi yang besar diharapkan juga kegiatan promosi akan semakin
luas dalam menjangkau konsumen dan dapat mencapai jumlah permintaan yang lebih
besar pula, besarnya volume penjualan dipengaruhi oleh faktor promosi,
sedangkan besar kecilnya biaya promosi tergantung pada pihak marketing yang
melakukannya.
Sebagai perusahaan yang sedang
berkembang, PT Pesona Remaja Malang selaku perusahaan yang bergerak dalam
industri garmen yang memproduksi celana panjang dengan merk AKO dan CAESAR
menghadapi banyak tantangan. Tantangan tersebut bisa berasal dari perusahaan
garmen sejenis atau perusahaan lain dengan merk dagang yang lebih terkenal.
Maka itu promosi merupakan hal yang efektif dalam menunjang pemasaran maka
penulis mengambil judul “Analisis biaya Promosi Terhadap Peningkatan Volume
Penjualan Pada Perusahaan Konveksi PT Pesona Remaja Malang”.
B. Rumusan Masalah
Dalam melakukan kegiatan
produksi, perusahaan memerlukan suatu pengorbanan biaya yang cukup besar.
Dengan biaya promosi yang besar diharapkan juga kegiatan promosi akan semakin
luas dalam menjangkau konsumen dan dapat mencapai jumlah permintaan yang lebih
besar pula, besarnya volume penjualan dipengaruhi oleh faktor promosi,
sedangkan besar kecilnya biaya promosi tergantung pada pihak marketing yang
melakukannya.
Berdasarkan keadaan yang ada
PT Pesona Remaja yang hanya menggunakan media promosi satu jenis saja dalam
satu tahunnya, hal ini lebih disebabkan
asumsi perusahaan bahwa dengan meminimalisasikan biaya promosi dapat mengurangi
pengeluaran, yang berarti keuntungan dari omset penjualannya tidak berkurang
banyak guna biaya promosi.
Berdasarkan ruang lingkup penelitian diatas
maka perumusan masalah yang diajukan adalah
- Bagaimana hubungan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja?
- Seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja?
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui :
1. Hubungan dan tingkat pengaruh biaya
promosi terhadap volume penjualan pada
PT. Pesona Remaja Malang.
2. Seberapa besar pengaruh biaya penyebaran pamflet, biaya bursa pasar murah, biaya iklan radio (biaya promosi) terhadap volume penjualan pada perusahaan
konveksi PT Pesona Remaja Malang.
D. Ruang lingkup dan batasan penelitian
1. Ruang Lingkup
Ruang lingkup yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan perusahaan konveksi PT Pesona
Remaja Malang”.
periode tahun 2004-2006 meliputi
laporan keuangan neraca dan laporan laba rugi.
2. Batasan Penelitian
Batasan penelitian
menujukan suatu keadaan yang tidak bisa dihindari, dalam penelitian ini adalah
:
a.
Hasil penelitian ini
berlaku khusus untuk PT. Pesona
Remaja Malang.
b.
Laporan keuangan PT.
Pesona Remaja Malang periode tahun 2004 - 2006.
E.
Kegunaan
Penelitian
1. Bagi perusahaan
Dapat mengetahui perubahan-perubahan biaya
promosi perusahaan dari waktu ke waktu dan perkembangan penjualan perusahaan
No comments:
Post a Comment