BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam dunia marketing, merek merupakan entitas penting dari
produk. Selain berfungsi sebagai pembeda sebuah produk dari produk
lainnya, merek juga berfungsi sebagai identitas yang dapat dijadikan
alat ukur untuk mengidentifikasi sebuah produk berkualitas atau
tidak. Karena itu, merek bukan hanya sebuah nama, simbol, gambar
atau tanda yang tidak memiliki arti. Merek adalah jiwa penting
produk yang berperan besar dalam pengembangan bisnis perusahaan.
Menurut Kotler (1997:285), merek dilihat konsumen sebagai
bagian paling penting dalam sebuah produk yang dapat memberikan
nilai tambah bagi produk yang bersangkutan. Hal senada juga
dikemukakan oleh Stephen king—CEO WPP Group, London—yang
menyatakan bahwa merek merupakan sesuatu yang dicari pembeli,
sedang produk hanyalah barang yang dihasilkan pabrik (Swa
Sembada, Juli-Agustus 2006:28). Pada saat konsumen akan membeli
lagi produk yang diinginkan, konsumen akan mengingat merek
produknya. Dengan merek yang sama, maka konsumen juga
mengharapkan barang yang dibelinya akan memberi nilai kualitas
yang sama seperti produk yang dibeli sebelumnya.
No comments:
Post a Comment