KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Thursday, July 11, 2013

SKRIPSI EFEKTIFITAS PENERAPAN SALURAN DISTRIBUSI HARIAN PAGI MALANG POST DI MALANG RAYA

ABSTRAK
Aziz, Abdul. 2010. SKRIPSI. Judul: “Efektifitas Penerapan Saluran Distribusi
Harian Pagi Malang Post di Malang Raya
Pembimbing : Irmayanti Hasan, ST.,MM
Kata Kunci : Efektifitas Saluran Distribusi Harian Pagi Malang Post
Setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan terlepas dari masalah
penyaluran barang yang dihasilkan. Para produsen berhak menentukan
kebijaksanaan distribusi yang akan dipilih dan di sesuaikan dengan jenis barang
serta luasnya armada penjualan yang akan digunakan. Jika perusahaan berada
dalam persaingan yang semakin tajam, perusahaan harus segera mengadakan
penelitian terhadap pasarnya. Penelitian pasar tersebut bertujuan untuk
mengetahui kebutuhan serta selera konsumen dan jika mungkin menstimulir
permintaan serta menciptakan agen baru. Suatu perusahaan dikatakan berhasil di
dalam marketing apabila perusahaan tersebut dapat memasarkan barangbarangnya
secara luas dan merata dengan mendapatkan keuntungan yang
maksimal.
Pada umumnya, kemacetan dalam mendistribusikan barang-barang dan jasajasa
akan banyak menimbulkan kesulitaan baik dipihak agen maupun produsen.
Kesulitan yang akan terjadi di pihak produsen meliputi terganggunya penerimaan
penjualan sehingga target penjualan yang telah di tentukan tidak dapat terpenuhi.
Hal ini akan menyebabkan arus pendapatan yang dibutuhkan oleh perusahaan
untuk melangsungkan kontinuitasnya tidak dapat diharapkan.
Oleh karena itu manajemen perusahaan dituntut untuk selalu bersikap
tanggap dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan yang terus
menerus terjadi dan memiliki pengaruh terhadap keadaan ekonomi perusahaan,
karena itu perusahaan dituntut untuk menentukan saluran distribusi yang efektif.
Penelitian ini dilakukan pada Harian Pagi Malang Post yang terletak di Jalan
Sriwijaya No 1-9 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas
penerapan saluran distribusi Harian Pagi Malang Post.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
sedangkan jenis penelitianya menggunakan penelitian kualitatif. Dari analisis
deskriptif berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di perusahaan, perusahaan
Harian Pagi Malang Post dalam mendistribusikan produknya kurang begitu efektif
karena kurangnya transportasi dalam pendistribusian, sedangkan dalam
pendistribusiannya Harian Pagi Malang Post menggunakan beberapa tingkatan
saluran distribusi, diantaranya adalah saluran distribusi langsung yaitu produsen
langsung ke-konsumen. Disamping itu ada kerugian dengan sistem penjualan
langsung ini yaitu produk yang dijual atau dipasarkan tidak dapat meluas pasarnya
karena konsumen sebagian besar hanya berasal dari masyarakat sekitar.
Dan saluran distribusi tidak langsung yaitu produsen, agen, retailer, dan
konsumen. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pendistribusian,
mengefisienkan biaya distribusi, dan kesiapan armada distribusi. Dengan
dilakukannya sistem tersebut maka diharapkan proses distribusi dapat berjalan
dengan maksimal.




No comments:

Post a Comment