BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Semakin majunya zaman nampaknya mempengaruhi banyak
perkembangan dari berbagai sektor salah satunya di bidang ekonomi
yang akhir-akhir ini di buktikan oleh perusahaan dalam
memasarkan produk baik berupa barang dan jasa yang semakin
berkembang dengan pesat. Produsen dari berbagai produk berusaha
dengan keras merebut simpati dan menciptakan keinginan pembeli
untuk membeli produk yang mereka tawarkan. Usaha yang
dilakakan para produsen tersebut adalah wajar, karena
bagaimanapun juga pada era pemasaran sekarang ini konsumen
tidak hanya berperan sebagai obyek saja, melainkan telah menjadi
subyek. Usaha yang dilakukan produsen tersebut juga disebabkan
oleh adanya persaingan yang ketat dengan produsen yang lainnya.
Persaingan antar produsen terjadi hampir pada setiap lahan bisnis,
termasuk pula pada bisnis rokok
Produsen dari berbagai produk rokok berusaha merebut pasar
dengan strategi masing-masing, tetapi tujuan yang ingin dicapai
adalah sama yaitu menciptakan keputusan
pembelian. Hal ini sejalan dengan pendapatnya Swastha (1990:105),
menyatakan tujuan pemasaran adalah mempengaruhi pembeli untuk
16
bersedia membeli barang dan jasa perusahaan disamping barang
yang lain pada saat mereka membutuhkan. Semakin banyaknya
pilihan akan jenis produk dipasaran secara tidak langsung mendidik
konsumen untuk bersikap selektif terhadap barang dan jasa yang
dikonsumsi.
Hal ini nampak dari banyaknya merek yang terlihat di pasar
dalam lingkungan persaingan tersebut. Setiap perusahaan berusaha
melakukan kegiatan komunikasi pemasaran (Marketing
Communication) yang ditujukan kepada konsumen. Komunikasi
pemasaran (Marketing Communication) adalah istilah yang
menggambarkan bagaimana organisasi perusahaan atau
pemerintahan mengkomunikasikan pesan-pesan kepada khalayak
sasaran mereka yaitu konsumen potensial yang menerima pesanpesan
pemasaran mereka. Komunikasi pemasaran (Marketing
Communication) tersebut perlu dirancang sedemikian rupa sehingga
proses komunikasi dari perusahaan kepada kosumen dapat berjalan
secara efektif dengan biaya yang efisien.
Salah satu kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan
perusahaan kepada konsumen mereka adalah promosi (promotion).
Beberapa alat promosi yang sering digunakan dalam proses
komunikasi pemasaran yaitu periklanan (advertising),
No comments:
Post a Comment