ABSTRAK
Ahmad Wasito, 2009 SKRIPSI. Judul: “Pengaruh Aspek Fisik Identitas
Merek (Penelitian pada AMDK AMNU di Kota Tuban)”
Pembimbing : Dr. H. Masyhuri, Ir, MP
Kata Kunci : Aspek Fisik Identitas Merek , ekuitas Merek
Industri air minum dalam kemasan kini semakin kompetitif, ini
ditandai dengan munculnya berbagai macam merek produk air munum
dalam kemasan di pasaran. Ekuitas merek menjadi sangat penting dalam
kondisi seperti ini. Dengan merek yang mempunyai ekuitas tinggi, sebuah
produk akan mendapat tempat istimewa dalam benak konsumen dan
pada akhirnya akan mencipakan loyalitas tinggi pada merek tersebut.
Ekuitas merek yang tinggi menghendaki adanya penciptaan merek yang
familiar, kuat, dan mempunyai asosiasi unik. Karena itulah aspek
identitas fisik merek mempunyai pengaruh penting dalam pembentukan
ekuitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
variabel aspek identitas fisik merek yangterdiri dari nama merek, grafis
merek,byline dan tagline terhadap ekuitas merek air minum dalam
kemasan merek AMNU di kota Tuban.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode survei dengan Jumlah
sampel yang di teliti sebanyak 115 responden dengan teknik pengambilan
sampel Judgmental Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan statistik
diskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan
asumsi klasik yaitu aurokorelasi, multikoninieritas,heteroskedasitas dan
normalitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek identitas fisik merek
berpengaruh secara signifikan baik simultan maupuan parsial terhadap
ekuitas merek Air minum dalam kemasan AMNU. Variabel aspek
identitas fisik merek mampu mempengaruhi variabel ekuitas merek
sebesar 53%. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi
ekuitas merek AMNU adalah variabel byline.
No comments:
Post a Comment