ABSTRAK
Fatich, Achmad, 2008 SKRIPSI. Judul: “Pelaksanaan Saluran Distribusi Yang Efektif
Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan” Pada Perusahaan
Kripik Tempe “Abadi" Malang
Pembimbing : M. Fatkhur Rozi. SE., MM
Kata Kunci : Saluran Distribusi, Efektif, Volume Penjualan.
Salah satu masalah yang ada di bidang pemasaran adalah masalah saluran
distribusi. Saluran distribusi mempunyai arti penting untuk mencapai sukses suatu
perusahaan dibidang pemasaran. Barang akan sampai ke tangan konsumen melalaui
saluran distribusi, baik saluran langsung ataupun tidak langsung. Penelitian ini
dilakukan di perusahaan kripik tempe “Abadi" Malang jalan Ciliwung No. 23 D
Malang. Penelitian yang dilakukan di perusahaan kripik tempe “Abadi" Malang
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan saluran distribusi yang efektif yang di pakai
oleh perusahaan dan juga hasil dari pelaksanaan saluran distribusi.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun
langkah langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan deviasi.
Deviasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar penyimpangan yang ada antara
target yang hendak dicapai dengan realisasi yang berhasil diwujudkan.
Dari analisis deskriptif berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di
perusahaan, distribusi yang di pakai oleh perusahaan kripik tempe “Abadi” Malang
menggunakan distribusi langsung dari produsen ke konsumen dan dari produsen ke
pengecer ke konsumen hal ini karena menggunakan saluran distribusi ini lebih
menguntungkan dari pada saluran menggunakan saluran distribusi dari produsen ke
agen ke pengecer ke konsumen. Sedangkan dari hasil penjualan dengan meningkatnya
prosentase diikuti menurunnya volume penjualan mengakibatkan terjadinya
penumpukan barang, sehingga untuk meramalkan penjualan ditahun berikutnya akan
mengalami kesulitan. Peramalan penjualan yang tidak menentu seperti meramalkan
penjualan yang terlalu tinggi resikonya adalah terjadinya penumpukan stok barang
yang terlalu tinggi karena produk ini hanya bisa bertahan sekitar 3-4 bulan, bagitu
pula sebaliknya peramalan yang terlalu rendah akan berakibat sulitnya perusahaan
dalam memenuhi permintaan penjualan karena perusahaan dalam memproduksi
barang sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
No comments:
Post a Comment