KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 30, 2013

Membangun sebuah disto linux sendiri



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Perusahaan melakukan kegiatan sehari hari yang berhubungan erat dengan peningkatan kinerja dan kegiatan manajemen dari perusahaan tersebut dan seiring  dengan berkembangnya teknologi, dimana segala sesuatu baik informasi maupun hasil pekerjaan diperlukan dalam hitungan detik, kegiatan perusahaan tersebut pun menjadi sangat penting. Hal ini dapat dilihat dimana banyak orang yang bekerja siang malam guna menyelesaikan pekerjaannya yang telah jatuh tempo.
Alat bantu untuk mendukung kegiatan tersebut juga sangat dibutuhkan untuk mempercepat waktu penyelesaian dari pekerjaan yang ada, khususnya dalam ruang lingkup kantor maka akan ditemukan alat bantu seperti computer, dimana didalam komputer tersebut terdapat system operasi dan program aplikasi yang akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Contohnya seperti dalam membuat laporan keuangan dapat menggunakan Microsoft Exel.
Perusahaan pada umumnya menggunakan system operasi Windows dengan program aplikasi bernama Microsoft Office. Tetapi salah satu kelemahannya biaya yang diperlukan untuk mendapatkan program aplikasi berbasis Windows itu tidaklah murah, karena Windows sendiri merupakan suatu perusahaan yang sangat terkenal dan hasil cipta teknologi perusahaan ini telah teruji. Tetapi untuk perusahaan dengan pendapatan yang tidak terlalu besar akan menjadi suatu kendala untuk mendapatkan perangkat lunak yang asli tetapi bukan produk bajakan.
Komputer – komputer yang saling berhubung dalam sebuah jaringan juga sangat perlu digunakan dalam menggunakan data dan informasi secara bersama. Biasanya perusahaan menggunakan jaringan secara penuh dalam arti komputer server dan client menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang di install pada masing – masing komputer dan konfigurasi jaringan dilakukan di seluruh computer, hanya kemampuan komputer di server lebih baik, ini cukup mengeluarkan biaya yang besar dalam menyediakan komputer dan perangkat keras jaringan.

1.2       Perumusan Masalah
            Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, penulis terdapat  beberapa permasalahan yang dihadapi sebagai berikut :
·         Bagaimana menyediakan sistem operasi dan aplikasi perkantoran sendiri yang murah tetapi bukan produk bajakan bagi perusahaan ?
·         Bagaimana agar jaringan komputer yang digunakan dapat membantu perusahaan dalam penghematan biaya persediaan komputer dan tetap dapat menggunakan komputer – komputer jenis lama untuk menunjang kegiatan perusahaan ?



1.3       Tujuan Penelitian
·   Membangun sebuah disto linux sendiri yang di khususkan untuk aplikasi perkantoran dengan dukungan diskless workstation.
·   Agar semua aplikasi yang dibutuhkan sudah terdapat dalam satu sistem terutama dalam distro dan tidak diperlukan lagi instalasi secara terpisah.

1.4              Manfaat Penelitian
Manfaat  dari penelitian ini adalah :
1.      Bagi Peneliti :
·         Untuk menyelesaikan skripsi yang menjadi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana.
·         Menambah wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan tentang sistem operasi khususnya linux.
2.      Bagi Perusahaan :
·         Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk lisensi software.
·         Sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah dalam penerapan efektifitas dan efisiensi kerja perusahaan.
3.      Bagi masyarakat
·         Sebagai referensi yang dapat digunakan untuk pengembangan dari software ini dikemudian hari.
·         Sebagai sebuah software yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.


DOWNLOAD FILE
 



No comments:

Post a Comment