KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Thursday, July 11, 2013

MAKALAH Macam – Macam Bentuk Muka Bumi Sebagai Akibat Proses Vulkanisme, Seisme dan Diatrofisme



MACAM-MACAM BENTUK MUKA BUMI SEBAGAI AKIBAT PROSES VULKANISME, SEISME, DAN DIATROPISME

1.             Tenaga Yang Mengubah Bentuk Permukaan Bumi
Tenaga yang mengubah bentuk permukaan bumi terdiri dari tenaga Endogen dan Eksogen.
a.             Tenaga Endogen, merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi.
b.             Tenaga Eksogen, merupakan tenaga yang berasal daru luar bumi. Tenaga ini banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi. Adapun yang termasuk tenaga Eksogen meliputi pelapukan ( weathering), dan erosi (pengikisan).


2.            Gejala Vulkanisme
Yang dimaksud dengan vulkanisme adalah peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat, serta sangat panas.
Gunung api adalah tempat di permukaan bumi yang pernah atau masih mengeluarkan magma. Di lihat dari bentuk dan terjadinya, ada tiga macam gunung api.

a.             Gunung Api Maar
Bentuknya seperti danau kecil (danau kawah). Terjadinya hanya karena letusan (ekspolasi). Bahannya terdiri dari efflata. Contohnya terdapat di lereng gunung lamongan jawa timur, di pegunungan Eifel Jerman, dan di dataran tinggi Prancis Tengah.
b.             Gunung Api Krucut (Strato)
Bentuknya seperti krucut, terjadi karena letusan dan lelehan (efusi), secara bergantian. Bahannya berlapis-lapis, sehingga disebut Lava Gunung Api Strato. Jenis ini yang terbanyak di Indonesia.
c.              Gunung Api Perisai (Tameng)
Bentuknya seperti prisai, terjadi karena lelehan maupun cairan yang keluar dan membentuk lereng yang sangat landai. Bahan lavanya bersipat cair sekali. Sudut kemiringan lereng antara 10 – 100. contohnya : gunung mauna Loa dan Kilanca di Hawaii.


 



No comments:

Post a Comment