KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 9, 2013

MAKALAH DROSAH ISLAMIAH

PENDAHULUAN


Makalah Dirosah Islamiyah MI disusun guna menunjang perkualiahan di UNMA. Adapun misi dan tujuan utama mata kuliah tersebut adalah untuk memberkan pengetahuan yang mendasari kemampuan menyajikan makalah Dirosah Islamiyah ini sehingga kita dapat mengerti dan paham akan pengertian tentang makalah Dirosah Islamiyah.
Pendidikan Dirosah Islamiyah ini merupakan mata kuliah dasar, makalah ini terdiri dari sikap Mathla’ul Anwar dalam menghadapi khilfah, pengertian dan warga mathla’ul anwar yang terdiri dari orang alim, orang awam dan orang belajar.
Penggunaan makalah ini khususnya para mahasiswa UNMA, akan dapat memperoleh manfaat yang sebesar- besarnya dari makalah ini, apabila kita melakukan hal – hal sebagai berikut. Pertama kita memahami konsep – konsep dalam mkalah ini secara tepat dengan cara membaca secara keritis dan memahami makalah tersebut ke dua anda melakukan tugas – tugas yang telah tersedia di dalam makalah ini.


A.           SIKAP MATHLA’UL ANWAR DALAM MENGHADAPI KHILFAH
1.            Pengertian
Mathla'ul Anwar sebagai sebuah organisasi yang cukup tua dan bergerak di bidang pendidikan dan da’wah, yang berdasarkan islam sesuai tuntunan ahlussunah wal jama’ah dan berfalsafah Pancasila, tentu memiliki sikap tersendiri dalam menghadapi dan mengantisipasi ikhtilaf yang berkembang baik dalam kitab – kitab kuning, terutama, yang beredar di tengah – tengah masyarakat.
Dalam Anggaran Rumah Tangga Mathla’ul Anwar pasal 44 ayat 3 point c dinyatakan, bahwa Mathla’ul Anwar berpedoman kepada Al-Qur’an, as-Sunnah, al-Ijma, dan al-Qiyas, oleh karena, itu dalam mengyikapi masalah khilafiyah hendaknya dipandang sebagai sesuatu yang wajar saja, dan jangan terlalu berlebihan. Sebab perbedaan pendapat para ulama baik pada masa sahabat maupun sesudahnya, adalah merupakan rahmat dan kelonggaran bagi umat islam. Karena bagi mereka yang mengetahui perbedaan pendapat para shahabat ia dibolehkan untuk mengambil dan memakai pendapat shahabat mana yang ia kehendaki. Begitu pula bagi yang mengetahui perbedaan pendapat para ulama setelah masa shabat, ia dibolehkan untuk mengikuti salah satunya, sepanjang ia tahu bahwa pendapat yang diikutinya itu tidak salah.
Warga Mathla’ul Anwar yang tersebar di 24 Provinsi di seluruh pelosok wilayah negara kesatuan Republik Indonesia, bila kita kelompokkan maka mereka akan terdiri atas : (1) Pandai (alim), (2) awam dan (3) belajar.


No comments:

Post a Comment