KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 9, 2013

MAKALAH DRAMA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dibuatnya makalah yang berisi tentang drama ini, karena untuk memenuhi tugas bahasa indonesia. Selain itu mudah-mudahan isi dari makalah ini bermanfaat bagi kita yang membaca dan mempelajarinya. Serta mudah-mudahan bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang drama.

1.2.   Tujuan
Untuk meningkatkan pembelajaran tentang drama, meningkatkan kemampuan kalian dalam berbahasa indonesia, secara baik dan benar. Baik secara lisan maupun tertulis. Dan supaya menambah keterampilan kalian dalam mengapresiasikan sastra.

BAB II
ISI

2.1.      Pengertian Drama
Drama adalah karya yang ditulis dalam bentuk percakapan (dialog) yang dipertunjukan oleh tokoh-tokoh dia atas pentas. Drama digolongkan ke dalam dua bagian, yaitu drama dalam bentuk tertulis dan drama yang dipentaskan.
Drama berasal dari bahasa Yunani dari kata “Draomai” yang berarti berbuat, bertindak, atau beraksi. Drama berpijak pada 2 (dua) cabang kesenian yaitu seni sastra dan seni pentas.

2.2.      Unsur-unsur intrinsik cerpen
Drama merupakan jenis kerja sastra yang berbentuk percakapan. Unsur-unsur drama antara lain :
1.        Tema (inti cerita)
Tema adalah pikiran pokok yang mendasari lakon drama.
2.        Amanat
Amanat pesan moral yang ingin di sampaikan penulis kepada pembaca naskah / penonton drama dalam pentas
3.        Alur
Alur adalah rangkaian peristiwa dalam drama
4.        Tokoh
Adalah orang yang bermain dalam drama
5.        Perwatakan


No comments:

Post a Comment