KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Saturday, January 21, 2023

Soal Seleksi Kompetensi Bidang Bimbingan Konseling

 1. Dalam uraian sejarahnya, perkembangan konseling di Indonesia maju dengan pesat.

Mengapa demikian? Uraikan jawaban Anda!

Pembahasan:

Secara umum dapat dijelaskan bahwa semakin pesatnya perkembangan bimbingan dan

konseling di Indonesia dikarenakan:

Pertama, oleh tuntutan yang kuat dari masyarakat serta pengaruh yang kuat dari

kepercayaan terhadap individualisme dari masyarakat.

Kedua, pada diri individu yaitu pada masa-masa kritis dalam tiap masa perkembangan

individu, terutama masa remaja.

Ketiga, pada kondisi luar individu seperti kondisi teknologi yang berkembang pesat,

kondisi nilai-nilai demokratis, nilai-nilai humanistis versus nilai-nilai pragmatis (khusus

sosial-ekonomi), dan lain-lain.

Namun adapun secara lebih khusus perkembangan bimbingan dan konseling berkembang

pesat di Indonesia dikarenakan oleh beberapa faktor yang intinya mengacu pada

permasalahan individu masing-masing, baik berhubungan dengan masalah pribadi

maupun lingkungan.

2. Mengapa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah harus mengedepankan

azas kerahasiaan? Jelaskan juga hubungannya dengan azas keterbukaan dan azas

kesukarelaan!

Pembahasan:

a. karena dalam azas kerahasiaan itu sangat dituntut dirahasiakannya segenap data dan

keterangan tentang peserta didik yang menjadi sasaran layanan, yaitu data atau

keterangan yang tidak boleh dan tidak layak diketahui orang lain. Sebagian

keberhasilan layanan banyak ditentukan oleh azas ini, sebab klien akan mau

membukakan keadaan dirinya sampai dengan masalah-masalah yang sangat pribadi,

apabila ia yakin bahwa konselor dapat menyimpan rahasia.

b. hubungan antara azas kerahasiaan dengan azas kesukarelaan sangat erat kaitannya

dimana pada saat konselor sudah dapat memberi pengertian mengenai kerahasiaan

datanya, maka klien akan dapat merasakan kesukaan dan kerelaan dalam

mengikuti/menjalani layanan/kegiatan bimbingan konseling. Dan antara azas

kerahasiaan dengan azas keterbukaan pun demikian memiliki keterkaitan/hubungan

yang erat dimana saat seorang klien sudah merasa rela dan rahasianya akan dijaga

oleh konselor, maka ia akan sangat terbuka kepada kepada si konselor dalam

menceritakan masalah-masalah yang ia hadapi tanpa mengalami suatu kecemasan.

3. Jelaskan secara detail perbedaan teknik membantu individu dengan konseling individual

antara teknik direktif konseling dan teknik non direktif konseling!

Pembahasan:

Perbedaan antara teknik direktif konseling dengan teknik non direktif konseling:

Teknik direkif konselingmerupakan teknik atau pendekatan dalam sebuah proses

konseling yang mana konselor yang lebih dominan dalam berbicara (memberi solusi

dalam memecahkan masalah). Jadi dalam teknik atau pendekatan ini konselor lebih

banyak mengambil inisiatif dalam proses konseling, sehingga klien tinggal menerima apa

yang dikemukakan oleh konselor. Dengan kata lain konselor lebih berperan dalam

memecahkan masalah klien.

Teknik non direktif konseling merupakan teknik atau kegiatan dalam proses konseling

yang mana klien lebih dominan dalam mencari pemecahan masalah. Dalam teknik atau

kegiatan ini konselor hanya berperan sebagai pendorong dan pencipta situasi yang

memungkinkan klien untuk bisa berkembang sendiri.

4. Di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, perlu dikenal dan dipahami karakteristik

individual dari individu yang dibimbing, mengapa demikian? Jelaskan terlebih dahulu

cara-cara dalam memahami individu dimaksud!

Pembahasan:

a. Cara-cara dalam memahami karakteristik individual individu sebaiknya dilakukan

dengan cara mengumpulkan data atau berbagai keterangan tentang individu yang

bersangkutan, baik itu kelebihan dan kekurangan atau kekuatan dan kelemahan diri

dari individu maupun lingkungan dari individu tersebut.

b. Di dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling perlu sekali mengenal dan

memahami karakteristik individual dari individu yang dibimbing. Ini dikarenakan

dalam proses konseling pemahaman mengenai karakteristik individual dari individu

itu sangat mendukung jalannya proses bimbingan dan konseling. Dari pemahaman

mengenai karakteristik individual individu tersebut maka seorang konselor akan lebih

mudah dalam menentukan tingkat pemahaman dan jenis bantuan yang akan diberikan

terhadap klien.

5. Mengapa dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai fungsi

pemeliharaan dan pengembangan? Jelaskan lebih dulu maksud dan proses

pelaksanaannya!

Pembahasan:

a. fungsi pemeliharaan dan pengembangan dalam bimbingan dan konseling merupakan

layanan yang diberikan yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan

keseluruhan pribadinya secara lebih terarah dan mantap, terpelihara dan

terkembangkannya berbagai potensi positif peserta didik dalam rangka perkembangan

dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

b. Di dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai fungsi

pemeliharaan dan pengembangan dikarenakan fungsi ini berfungsi memelihara segala

sesuatu yang baik yang ada pada diri individu, baik itu merupakan pembawaan

maupun hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama ini, seperti intelegensi

yang tinggi, bakat yang istimewa, minat yang menonjol untuk hal-hal yang positif dan

produktif, dsb. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan ini juga bukanlah sekedar

mempertahankan agar hal-hal yang dimaksudkan tetap utuh, tidak rusak dan tetap

dalam keadaan semula, melainkan juga mengusahakan agar bertambah baik, kalau

dapat lebih indah, lebih menyenangkan, memiliki nilai tambah daripada waktu-waktu

sebelumnya.

6. Mengapa bimbingan itu identik dengan pendidikan?

Pembahasan:

karena apabila seseorang melakukan kegiatan mendidik berarti ia juga sedang melakukan

membimbing, sebaliknya apabila seseorang melakukan aktivitas membimbing berarti ia

juga sedang mendidik.

7. Jelaskan minimal tiga dasar pentingnya Bimbingan Konseling dalam pendidikan!

Pembahasan:

1. usaha untuk mengembangkan keperibadian individu

2. pendidikan berkembang secara dinamis, karena selalu terjadi perubahanperubahan.

3. seorang guru harus mempunyai peranan yang luas, tidak hanya sebagai pengajar

tetapi juga sebagai pendidik

8. Jelaskan alasan pentingnya Bimbingan Konseling di madrasah dan sekolah!

Pembahasan:

bimbingan merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan memikontribusi

terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah(juntika,2005).berdasarkan pernyataan

tersebut dapat dipahami bahwa proses pendidikn di sekolah termasuk madrasah tidak

akan berhasil secara baik apabila tidak didukung oleh penyelenggaraan bimbingan secara

baik pula.

sekolah dan madrasah memiliki tanggung jawab yang besar membantu siswa agar

berhasil dalam belajar.untuk itu sekolah dan madrasah hendaknya memberikan bantuan

kepada siswa untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kegiatan belajar

siswa. dalam kondisi seperti ini,pelayanan bimbingn dan konseling sekolah dan madrasah

sangat penting untuk dilaksanakan guna membantu siswa mengatasi berbagai masalah

yang dihadapinya.

next

Download file lengkap


No comments:

Post a Comment