KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Wednesday, May 1, 2013

MAKALAH BUDAYA HUBUNGAN AGAMA DENGAN KEBUDAYAAN.doc



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Dalam bahasa sansekerta Kebudayaan berasal dari kata “Budhayah” dengan bentuk jamaknya “Budhi” yang berarti akal dan budi.Sedangkan Dalam bahasa Inggris “Culture” dan dalam bahasa Latin “Colere” yang memiliki arti Segala daya dan kegunaan manusia untuk mengolah dan merubah alam.
Menurut para ahli arti Kebudayaan yaitu (EB.Taylor) mengatakan bahwa  kebudayaan merupakan “Keselarasan yang komplek, yang mencakup pengetahuan,kepercayaan,keilmuan social, hukum,adat istiadat.(Selo Sumarjan) mengatakan bahwa kebudayaan adalah “Hasil karya cipta manusia yang menyangkut budi atau akal.
Kebudayaan sangat terkait dengan pengertian “The Humanitis”  yang bermakna manusiawi, berbudaya, atau halus. Dengan demikian masalah kebudayaan selalu berhubungan dengan nilai – nilai kemanusiaan. Maka pembahasan kebudayaan selalu diarahkan pada manusia denagn karya – karyanya,baik yang bersifat kongkrit seperti benda atau barang maupun yang bersifat abstrak seperti norma atau aturan – atuaran.
Agama (Arab:addien) diturunkan oleh Allah SWT kepada manusia lewat rasul untuk kemashalakatan dan kemanfaatan bagi alam semesta ini. Memang agama bukan budaya, tetapi kehidupan keagamaan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kebudayaan. Agama berisi aturan dan norma yang mengatur kehidupan dan kematian manusia sebagai makhluk individu dan social agar berperilaku baik dan bertujuan untuk mencapai keselamatan di dunia dan akhirat.


PENGEN LENGKAP SILAHKAN DOWNLOAD FILENYA INI


No comments:

Post a Comment