KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Monday, June 24, 2013

MAKALAH PEREMPUAN, SUMBER DAYA EKONOMI DAN MODAL SOSIAL



PEMBAHASAN


Perempuan dan Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi yang dimaksud penulis disini adalah suatu cara yang dilakukan oleh perempuan tersebut untuk dapat mencukupi kebutuhan finansial keluarganya tadi. Mereka –perempuan tersebut - melakukan berbagai aktivitas yang nantinya selain dapat memenuhi keuangan keluarga mereka, juga dari kegiatan atau aktivitas tersebut dapat membangun jejaring sosial yang terwujud dalam bentuk yang konkrit seperti adanya arisan, koperasi dan warung.

  • Arisan
Jika mendengar kata yang satu ini sudah pasti pikiran lain yang muncul selanjutnya adalah ibu-ibu ataupun kaum perempuan. Perempuan memang identik dengan yang namanya arisan, maka tak heranlah jika arisan ini dijadikan sebagai wadah oleh para perempuan untuk membangun jejaring sosial mereka sesama perempuan dan dengan adanya arisan ini para kaum ibu dapat sedikit terbantu finansial keluarganya. Arisan pada dasarnya menerapkan prinsip yang sama, yakni kegiatan pengumpulan, pengundian, pembagian uang dalam jumlah tertentu dalam waktu tertentu kepada anggota kelompok tertentu.

Di Indonesia, fenomena arisan sering kita lihat baik di perkotaan maupun di pedasaan. Ada perbedaan mendasar antara arisan yang dilaksanakan di perkotaan dengan di pedasaan. Di perkotaan arisan biasanya dilakukan oleh perempuan-perempuan dari kalangan sosial ekonomi menengah ke atas, dimana fungsi sosial dari arisan itu sebagai media sosialisasi sesame perempuan dari kelas sosial ekonomi menengah keatas. Jika arisan yang dilakukan oleh perempuan yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah, arisan lebih berfungsi sebagai media untuk mengakses sejumlah dana kolektif.

Ada beberapa jenis arisan yang ada di masyarakat seperti yang tertulis dalam makalah ini, seperti arisan RT/RW/PKK dan arisan lebaran. Arisan RT/RW/PKK biasanya dilaksanakan setiap bulan secara bergilir di rumah salah satu anggotanya. Iuran yang ditetapkan oleh setiap arisan pun berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan dan kemufakatan masing-masing anggota sesuai dengan kemampuan financial tiap-tiap anggotanya. Arisan ini dapat berfungsi sebagai media silahturahmi para perempuan dan dapat juga sebagai sebuah media untuk menginformasikan berbagai kegiatan kemasyarakatan seperti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ataupun mengenai Keluarga Berencana (KB). Lain halnya dengan arisan lebaran yang juga dapat diistilahkan dengan tabungan lebaran. Mengapa dinamakan demikian ? dalam arisan lebaran kegiatan yang dilakukan murni kegiatan menabung saja. Ini dikarenakan pada saat menjelang lebaran (hari raya) biasanya ada kebutuhan yang ‘lebih’ untuk menyambut lebaran, seperti baju-baju baru dan segala macam perabotan baru dan makanan yang tidak seperti biasanya. 


 

No comments:

Post a Comment