KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Wednesday, March 8, 2017

MAKALAH TEKNOLOGI HANDPHONE BLACKBERRY


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Handphone pada masa kini merupakan gadget yang hampir tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Bahkan pada masa ini, handphone tak lagi hanyalah sekedar alat yang digunakan untuk berkomunikasi, kini telah dikembangkan untuk memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dari komputer. Dan layaknya komputer, ponsel pun membutuhkan suatu sistem dasar yang dapat mendukung berbagai macam kinerjanya. Hal inilah yang kita sebut Sistem Operasi atau yang biasa disingkat OS. Pada makalah ini kami akan membahas Sistem Operasi yang terdapat pada smartphone BlackBerry.
Dibalik popularitasnya yang kini sedang naik daun, tentu BlackBerry memiliki alasan mengapa produk-produknya itu dapat memikat pelanggan dari berbagai macam kalangan. Fitur-fitur yang menarik serta dukungan dari banyak aplikasi dari berbagai aplikasi pihak ketiga dapat menjadi alasannya. Dalam makalah ini kami akan menjelaskan mengenai berbagaimacam fitur yang terdapat pada BlackBerry OS serta dukungannya pada aplikasi pihak ketiga. Semoga apa yang telah kami susun ini dapat berguna bagi para pembaca. Atas berbagai macam kekurangannya kami mohon maaf dan kami harap sekiranya pembaca dapat memberikan kritik dan sara atas makalah yang telah kami susun ini. Terima kasih.






.1.2 Rumusan Masalah
1.      Apa yang maksud dengan Blackberry ?
2.      Bagaimana perbedaan blackberry dengan handset lain?
3.      Bagaimana sejarah berdirinya Blackbery ?
4.      Apa keunggulan Blackberry?
5.      Bagaimana dengan Kelemahan Blackberry?

1.3 Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui pengertian blackberry
2.      Mengetahui perbedaan blackberry dengan handset lain
3.      Mengetahui berdirinya blackberry
4.      Mengetahui keunggulan Blackberry
5.      Mengetahui Kelemahan Blackberry
















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian BlackBerry OS
BlackBerry OS merupakan sistem opertasi mobileasi yang dikembangkan oleh RIM (ResearchIn Motion) untuk produk-produk BlackBerrynya. OS ini mendukung multitasking dan dukungan khusus bagi perangkat-perangkat inputnya seperti trackwheel, trackball, trackpad dan touchscreen. Platform BlackBerry terkenal dengan dukungannya dengan email korporat melalui MIDP 1.0 dan MIDP 2.0. Dimana platform ini juga mendukung sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise. BlackBerry mendukung WAP 1.2 untuk koneksi ke jaringan internet. Selain itu, update OSnya juga dapat dilakukan melalui layanan BlackBerry OTASL (Over The Air Software Landing) sesuai dengan carriernya. BlackBerry OS juga merupakan OS terbuka dimana pengembang pihak ketiga dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk BlackBerry menggunakan BlackBerry API (Application Programming Interface).

2.2 Perbedaan BlackBerry dengan handset lain
Perangkat Blackberry adalah device yang sama dengan hanphone lain yang mempunyai fasilitas telepon dan sms. Tetapi perangkat BlackBerry sendiri yang membedakannya adalah operating systemnya, karena operating system BlackBerry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM. BlackBerry hanyalah seperti handphone biasa jika tidak mengaktifkan layanan servis BlackBerry. Namun jika layanan servis BlackBerry diaktifkan dapat menjadi killer device untuk berinternetria, terutama e-mail. Sebenarnya handphone lain juga dapat ber e-mail.



      2.3 Sejarah Blackberry di Indonesia
Perangkat BlackBerry diperkenalkan tahun 1997 oleh Perusahaan Kanada, Research in Motion (RIM). Perangkat ini memiliki kemampuan menyampaikan informasi jaringan data nirkabel. Pengertian BlackBerry senidiri adalah perangkat handshet nirkabel yang mepunyai kemampuan push email, telepon seluler, sms, faksimili internet, browsing, dan kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry mulai dikenalkan di Indonesia pada Desember 2004 oleh operator di Indonesia. Pasar BlackBerry mulai diramaikan oleh berbagai operator dengan menyediakan berbagai pilihan layanan seperti BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server. Ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/ IMAP melalui telepon genggam. Sejauh ini fasilitas BlackBerry sudah diterapkan di berbagai perusahaan yang karyawannya diharuskan memakai perangkat yang disebut multitasking ini.
BlackBerry merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) untuk produk-produk BlackBerrynya. Hal ini mendukung multitasking dan dukungan khusus bagi perangkat-perangkat inputnya seperti trackwheel, trackball, trackpad dan touchscreen. Platform BlackBerry terkenal dengan dukungannya dengan email korporat melalui MIDP 1.0 dan MIDP 2.0. Dimana platform ini juga mendukung sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise.
BlackBerry mendukung WAP 1.2 untuk koneksi ke jaringan internet. Selain itu, update OS-nya juga dapat dilakukan melalui layanan BlackBerry OTASL sesuai dengan carriernya. BlackBerry OS juga merupakan OS terbuka dimana pengembang pihak ketiga dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk BlackBerry menggunakan BlackBerry API (Application Programming Interface).
BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan  Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom danTelkomsel.  Akibat tuntutan pemerintah Indonesia, Blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010.
Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah fitur email cepat (push e-mail ). Produk ini mendapat sebutan email cepat karena seluruh email baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “ditampilkan” langsung ke dalam BlackBerry secara otomatis.
Keunggulan lain juga hadir melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada BlackBerry. Penggunaan BlackBerry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi BlackBerry (BlackBerry Connect). Dengan BlackBerry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam BlackBerry untuk memanfaatkan BlackBerry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi BlackBerry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, kita bisa memanfaatkan BlackBerry Internet Solution.
2.4 Keuggulan Blackberry
Blackberry dapat digunakan pada hampir semua operator di dunia (lebih dari 475 dari mereka). Di AS, iPhone tersedia di AT & T ( T ) saja.
Blackberry tersedia dalam lima faktor bentuk - keyboard kecil, keyboard besar, keyboard tidak, ponsel flip, dan permen-bar. 
Kebanyakan blackberry memiliki keyboard, sehingga Anda dapat mengetik dengan cepat dan tanpa kesalahan. Membantu saat mengemudi, berjalan, membawa sesuatu di tangan lainnya - sepanjang waktu. iPhone: baik ...
Blackberry menggunakan standar (= tidak mahal dan tersedia di mana-mana di dunia) MicroUSB konektor untuk sinkronisasi / pengisian.. iPhone memiliki konektor yang jauh lebih besar 30-pin berpemilik. Beberapa operator seperti Verizon ( VZ ) dan Sprint ( S ) menawarkan Blackberry unlimited data internasional roaming untuk $ 40/bulan atau kurang. Hal ini dapat menghemat puluhan ribu dolar ketika Anda berada di luar negeri.
Jika Blackberry Anda ada di T-Mobile USA, ia juga menawarkan WiFi terbatas menelepon dari mana saja di dunia. Hal ini dengan nomor yang ada - dalam dan keluar - sehingga tidak ada nomor khusus baru, prosedur, dll. iPhone tidak dapat melakukan hal ini (karena hanya di AT &T; hanya T-Mobile USA menawarkan ini), dan dapat menghemat lebih dari $ 100 per hari saat Anda di luar negeri. Pikirkan tabungan $ 1 per menit, dan Anda berada di telepon dua jam per hari. Itu $ 120/day. 
Blackberry memiliki memori yang dapat diupgrade. iPhone tetap dan dijual pada 8, 16 atau 32 giga saja. Blackberry memiliki baterai dilepas dan diperluas. iPhone adalah tetap.
Blackberry memungkinkan program untuk multitask. iPhone memiliki keterbatasan multitasking.
Resolusi layar Blackberry terakhir adalah 480x360. iPhone adalah 480x320.
Blackberry memungkinkan komunikasi peer-to-peer melalui pengenal PIN, menghindari sistem email. Tidak setara seperti iPhone. Skype ( EBAY ) pada Blackberry ini?. Ya, dari mana saja ke mana saja. Skype pada iPhone? Hanya jika Anda berada di WiFi.
Sling di Blackberry itu? Ya, gratis. Sling pada iPhone? $30. $ 30.
Google ( GOOG ) suara pada Blackberry ini? Ya, gratis. Google suara pada iPhone? Verboten. 
Blackberry dapat disinkronisasi ke komputer secara bersamaan, jika Anda memiliki beberapa komputer. Beberapa Blackberry dapat menerima email yang feed-nya sama secara bersamaan, jika Anda memiliki beberapa Blackberry.  Blackberry dapat menyusun entri buku alamat dengan nama perusahaan, sehingga Anda dapat menggulir ke bawah daftar panjang nama yang tidak ingat, tapi Anda hanya ingin melihat siapa yang bekerja untuk perusahaan. Selain penyortiran, iPhone dapat berlangsung selama beberapa detik untuk pencarian buku alamat Anda, terutama jika Anda memiliki catatan alamat beberapa ribu buku.
Blackberry tidak melambat dengan memiliki, misalnya, entri alamat 10.000 atau 100.000 buku.
Semua instant messenger utama tersedia pada Blackberry.  Blackberry tersedia dengan beberapa browser dari beberapa pemasok. iPhone hanya tersedia dengan standar browser Safari-nya.
           Blackberry sinkronisasi dengan iTunes - dan setiap program manajemen media lainnya.
Blackberry model dengan resolusi 480 piksel dan WiFi menawarkan PrimeTime2Go, layanan TV $ 8/month yang bekerja sebagai DVR. 23.). Blackberry cocok untuk banyak email di kotak masuk sebagai memori yang tersedia (biasanya puluhan ribu).. iPhone dibatasi hingga 200 email. Ya, iPhone memiliki kemampuan melihat-up remote, tapi itu tidak ada gunanya bagimu ketika Anda berada di pesawat terbang atau sebaliknya di luar jangkauan.
Harga unbtuk Unlimited iPhone / layanan data, termasuk SMS tidak terbatas, adalah $ 150/month. Blackberry dapat memiliki lebih sedikit. Misalnya, layanan Blackberry unlimited ditawarkan pada Sprint untuk $ 100/month, T-Mobile USA $ 125/month, MetroPCS $ 50/month, meskipun AT & T / Verizon cocok dengan iPhone dari $ 150/month.
Prabayar "tidak kontrak" fleksibilitas: AT & T situs web mengatakan iPhone dijual dengan kontrak 2 tahun saja, walaupun sekali pada waktu itu menawarkan "kontrak-bebas" iPhone dibayar jika Anda dekat dengan $ 899 di muka untuk iPhone itu sendiri. Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan layanan prabayar Blackberry no-kontrak pada setiap 600 menit lama atau baru T-Mobile USA handset Blackberry untuk $ 65/month (, Blackberry terbatas / internet, tapi tidak ada SMS), atau Anda bisa mendapatkan benar-benar tak terbatas-semuanya prabayar $ 50/month layanan dari MetroPCS, jika handset seleksi dan daerah cakupan yang dapat diterima untuk Anda. Itu SATU KETIGA biaya iPhone, dan tidak ada kontrak.
Blackberry adalah sebuah platform keamanan dienkripsi militer kelas, dengan 100% pangsa pasar di FBI, CIA, Gedung Putih, Kongres, Departemen Pertahanan, konsultan besar dan bank-bank investasi besar. Sebaliknya, iPhone memiliki kerentanan keamanan. Silakan lihat dokumen ini untuk rincian sebagai mengapa Blackberry adalah platform hanya disetujui untuk digunakan di badan keamanan nasional kita.

2.5 Kelemahan Blackberry
BlackBerry sebagai telepon yang saat ini meningkat, sebenarnya memiliki banyak kelemahan yang seharusnya tidak dimiliki oleh ponsel, apalagi akhir-ponsel tinggi. Kelemahan BlackBerry adalah: 
1.Hang sistem kerja adalah sangat mirip dengan kinerja PC BlackBerry.. Aplikasi yang menggunakan BlackBerry akan mengurangi memori cadangan sehingga memperlambat sistem down Khas. Kinerja karakteristik sering muncul adalah jam-spin pada layar Paling kuat solusi adalah melepas baterai . 
2.Lanjutan fitur BlackBerry seperti GPS, Bluetooth, Wi-Fi pengguna seringkali sulit untuk mengoperasikannya.. Biasanya ada masalah pada fitur-fitur yang sulit untuk menghubungkan Untuk mengatasi masalah ini, coba upgrade OS BlackBerry Anda. 
3.BlackBerry Messenger, yang dikenal dengan singkatan dari bahan bakar ini adalah fitur yang paling populer di kalangan pengguna BlackBerry. Sayangnya, fitur ini kurang dapat diandalkan, sering posting teks dengan fitur ini mengalami tantangan dalam pengiriman dan penerimaan. Masalah ini muncul kemungkinan gangguan dengan koneksi jaringan GPRS. Untuk mengatasi ini mencoba untuk mengakses situs Internet dengan browser fitur untuk memikat koneksi internet. 
4.Setelah fitur bahan bakar, fitur lain andalan utama pada BlackBerry genggam adalah Push Email.. Dengan fitur Push Email, pengguna BlackBerry akan selalu aktif untuk menerima pengiriman email Sayangnya jumlah account email yang dapat beralih ke genggam BlackBerry terbatas sampai 11 account email. Dan akan sering banyak email yang tidak cocok atau tiba-tiba tidak aktif.. ini Biasanya masalah terjadi karena suatu gangguan terjadi server email pada layanan Cobalah untuk memecahkan masalah dengan pendaftaran ulang dengan Host Routing Tabel atau mengirim ulang Kitab Layanan dari layanan BlackBerry account Anda. 
Trackball sering bermasalah Harus diakui bahwa trackball BlackBerry memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat ini, namun karena sering menggunakan trackball akan bermasalah, seperti kesulitan bergerak kursor ke satu arah. Jika Anda mengalami masalah seperti ini maka ada bagian dalam trackball untuk membersihkan.. Mari kita bermain bola bersih trackball diolesi dengan minyak Terakhir solusi untuk menggantikan trackball.

















BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN

BlackBerry memiliki banyak keunggulan yang membuatnya diminati oleh para konsumen. Terutama konsumen dari dunia bisnis dan remaja. Hal ini dikarenakan BlackBerry sangat mendukung untuk berkomunikasi baik dalam bentuk email, chat, social network, dan lain lain. Perangkat BlackBerry sendiri yang membedakan dengan handset lain adalah operating systemnya, karena operating system BlackBerry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry) yang di kemas sedemikian, semua layanan tersebut dapat dinikmati oleh konsumendalam satu paket yang dihargai dengan harga yang terjangkau.












No comments:

Post a Comment