KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Thursday, July 11, 2013

TA network trafic monitoring.doc



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Di jaman yang semakin maju ini, komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Karena dengan berkomunikasi, kita dapat bertukar informasi dan dapat saling mengenal satu sama lain. Berkomunikasi dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara dan perantara. Salah satunya dengan berkomunikasi melalui jaringan komputer ataupun melalui internet.
Komunikasi antar jaringan komputer sudah banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Mulai dari tingkat pemerintahan sampai dengan tingkat sekolah-sekolah sudah menerapkan sistem komunikasi antar jaringan untuk mendapatkan berbagai sumber informasi dan bertukar informasi. Informasi yang datang dari pusat dapat langsung dikirim ke daerah-daerah melalui jaringan komputer ini. Sehingga masyarakat kita tidak ketinggalan akan informasi terbaru yang sedang beredar saat ini.
Dengan adanya fasilitas jaringan komputer, maka jalur pengiriman informasi dalam hal ini adalah pengiriman data, dapat menghemat waktu dan biaya. Sebagai suatu contoh, didalam sebuah perusahaan yang biasanya mempunyai anak cabang di berbagai daerah, untuk melakukan pengecekan, pengontrolan, maupun pengawasan dapat dilakukan dari jarak jauh. Bahkan pihak pusat pun dapat langsung mengetahui apa yang sedang terjadi di perusahaannya yang berada di daerah-daerah. Sehingga informasi dari  daerah-daerah dapat segera diketahui oleh pusat. Jika terjadi suatu kendala ataupun permasalahan, maka pihak pusat dapat segera menanggulanginya. Hal tersebut diatas merupakan salah satu manfaat dari penggunaan fasilitas jaringan komputer sebagai jalur pertukaran informasi.
Berbeda jika kita masih menggunakan teknologi konvensional. Katakanlah kita menggunakan surat ataupun telepon sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi. Memang dengan menggunakan telepon kita dapat menghemat waktu dan biaya, tetapi kita tidak dapat bertukar data seperti contohnya dokumen-dokumen penting yang mengharuskan dokumen itu sampai ditangan sang penerima. Hal itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengirimkan dokumen tersebut melalui pos ataupun jasa paket pengiriman. Hal ini juga akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pengiriman paket-paket tertentu yang membutuhkan asuransi ataupun tingkat keamanan yang tinggi. Dan jika tempat yang dituju menempuh jarak yang cukup jauh maka akan dikenakan tambahan biaya pula.
Dengan memanfaatkan fasilitas jaringan komputer sebagai sarana pertukaran informasi, maka cara-cara konvensional seperti contoh diatas dapat diminimalisir. Walaupun sebagian dari masyarakat kita belum banyak yang mengenal akan teknologi jaringan komputer ini. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi tentang pentingnya jaringan komputer di dalam kehidupan kita sehari-hari.
Namun, dari berbagai kelebihan yang didapat dari jaringan komputer yang telah dibahas diatas, kita juga perlu memperhatikan bagaimana informasi tersebut dikirimkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan sebuah data, serta bagaimana keadaan jalur data yang dipakai oleh beberapa orang atau user sebagai jalur pengiriman dan penerimaan data ? Untuk itu dibutuhkan suatu kontrol jaringan di dalam mengelola sejumlah informasi ataupun data yang sedang berada di dalam jalur pengiriman dan penerimaan di jaringan komputer tersebut.
Dengan semakin banyaknya pihak yang berkomunikasi di dalam jaringan komputer, maka akan semakin penuh pula jalur yang digunakan untuk berkomunikasi. Dalam hal ini adalah jaringan komputer yang berfungsi sebagai jalur pertukaran data. Tidak jarang kita jumpai informasi yang kita kirim melalui jaringan internet sering mengalami keterlambatan penerimaan data di pihak lain. Atau saat mengcopy data dari komputer lain dalam jaringan lokal pun akan terasa sangat lama jika jalur yang digunakan sedang sibuk / penuh. Hal ini dapat diminimalisasi jika jalur yang digunakan sedang bebas, atau tidak adanya komputer yang sedang menggunakan jalur data tersebut.
Sebuah tool yang dapat memonitor dan mengontrol lalu lintas di jaringan komputer akan sangat dibutuhkan untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan yang timbul seperti yang telah disebutkan diatas. Dengan memanfaatkan tool seperti ini, kita dapat mengetahui seberapa besar pemakaian jalur data didalam jaringan komputer. Selain itu, kita juga dapat mengontrol penggunaan jalur data oleh user. Jika seorang user jalur data di jaringan komputer terlalu besar, maka seorang admin yang memakai tool ini dapat segera me-remove­ user tersebut untuk dapat membagi-bagi bandwidth yang ada, untuk dapat dipakai oleh user-user yang lainnya.
Teknologi Network Traffic Monitor dapat mengelola pemakaian bandwidth serta pemantauan dan pengontrolan lalu lintas jaringan komputer. Sehingga penggunaan jalur data dapat dikelola dengan baik dan benar. Hal ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menanggulangi permasalahan tentang sibuk / penuhnya jalur data yang sedang digunakan didalam jaringan.
Di dalam tugas ini akan dijelaskan tentang rancang bangun aplikasi Network Traffic Monitor yang bertitik berat pada teknologi pemantauan bandwidth pada jaringan komputer. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah penggunaan traffic bandwidth yang diterima (download) dan yang dikirim upload.



 

No comments:

Post a Comment