KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Thursday, July 11, 2013

TA MEMBANGUN JARINGAN WLAN PADA LAB KOMPUTER



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat sehingga memungkinkan diterangkannya cara-cara baru yang lebih efisien. Suatu perusahaan atau organisasi sangat membutuhkan suatu system/ teknologi yang lbih murah , lebih maju serta mampu untuk menyelesaikan semua pekerjaan-pekerjaan.
Oleh karena itu penlis menyusun Laporan untuk proyek work/tugas akhir dengan mengambil judul “MEMBANGUN JARINGAN WLAN PADA LAB KOMPUTER MA TERPADU HUDATUL MUNA 2”.
Jaringan tidak hanya terbatas pada satu ruang (LAN), jaringan yang beroperasi dilingkup kota yaitu (MAN),sedangkan jaringan yang bebasis luas dinamakan (WAN). Bahkan internet merupakan jaringan yang beroperasi di dunia.
Oleh karena itu penulis mencoba mendesain bagaimana caranya untuk Membangun Jaringan WLAN Pada Lab Komputer MA Terpadu Hudatul Muna 2. Di sini semua peralatan atau masing-masing workstation yang ada pada jaringan dihubungkan keperalatan sentral (Konsentrator) yaitu WAP (Wirelles Acces Point). Konsentrator ini berfungsi sebagai pengontrol seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan.

      Teknologi wireless menawarkan beragam kemudahan, kebebasan dan fleksibilitas yang tinggi. Teknologi wireless memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan teknologi kabel yang sudah ada. Teknologi wireless sangat nyaman untuk digunakan. Anda bisa mengakses Internet di posisi mana pun selama masih berada dalam jangkauan wireless.
Sebagai tugas akhir, penulis ingin merancang dan membangun sebuah jaringan Wireless LAN yang di kombinasikan dengan adanya internet dan juga pembuatan sebuah jaringan.
B.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui bagaimana bentuk dan struktur jaringan dan peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan WLAN Pada Lab Computer MA Terpadu Hudatul Muna 2
2.      Laporan ini kami buat untuk memenuhi tugas akhir sebagai syarat kelulusan
3.      Membangun jaringan wireless LAN sehingga memudahkan seseorang bergabung ke dalam jaringan dengan mudah.
4.      Membatasi pengguanaan internet dan mengawasi penggunaan internet pada client,dengan tujuan mengurangi ketidakefisienan.





BAB II
KEUNGGULAN PRODUK/JASA
A.    Jaringan WLAN
Wireless LAN merupakan jaringan komputer lokal yang menggunakan media transfer data tanpa kabel. Wireless LAN ini sama halnya seperti ethernet tanpa kabel dimana user berhubungan dengan server melalui modem radio. Salah satu satu bentuk modem radio adalah PC Card yang digunakan untuk laptop. Kecepatan komunikasi wireless LAN ini dapat mencapai 3 MBps.
Wireless merupakan teknologi yang bertujuan untuk menggantikan kabel yang menghubungkan terminal komputer dengan jaringan, dengan begitu computer dapat berpindah dengan bebas dan tetap dapat berkomunikasi dalam jaringan dengan kecepatan transmisi yang memadai. Wireless LAN distandarisasi oleh IEEE dengan kode 802.II b yang bertujuan untuk menyamakan semua teknologi nirkabel yang digunakan dibidang computer.
Dalam mengimplementasikan indoor wireless LAN digunakan arsitektur seluler dimana gedung akan dibagi dalam beberapa cell dan setiap cell akan memiliki link wireless. Area cakupan wireless tergantung dari beberapa hal yaitu teknologi yang digunakan, lingkungan pengimplementasian, kecepatan data  dan lain-lain .



 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment