KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Thursday, July 11, 2013

TA INSTALASI DAN KONFIGURASI DNS SERVER DAN MENGGUNKAN OS LINUX UBUNTU



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang   
Teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini telah berkembang, sehingga kebutuhan akan informasi dan komunikasi pun meningkat. Terutama bagi para siswa-siswi, guru, karyawan, pebisnis dan yang lainnya, untuk mencari data atau informasi yang akan mereka ambil sebagai bahan praktek, laporan, atau untuk pengetahuan tentang hal tertentu yang berkaitan dengan tugas dan kegiatan mereka.
Di perusahaan yang besar sebuah komputer server dituntut untuk melayani begitu banyak user atau pengguna, maka dari itu dibutuhkan seorang administator yang ahli di bidang tersebut. Di dunia luar atau lebih dikenal sebagai internet banyak sekali ancaman untuk komputer maupun jaringan yang ada di perusahaan yang dikelola. Maka seorang administrator dituntut untuk membuat suatu keamanan yang handal untuk menangani masalah itu semua.
Salah satu untuk membuat keamanan yang baik yaitu menggunakan sistem operasi linux, karena sistem operasi ini dikenal lebih handal dari segi keamanan- nya, selain itu linux juga memiliki fasilitas aplikasi diantaranya DNS, DHCP, Web Server, Proxy dan lain sebagainya..

B. Pengertian Linux
Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.



 


No comments:

Post a Comment