KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Saturday, July 13, 2013

SKRIPSI PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK



RINGKASAN SKRIPSI

A.  PENDAHULUAN
               Layaknya sebuah peperangan, persaingan bisnis juga menuntun keberadaan senjata yang unggul. Bentuknya bisa berupa produk yang berkualitas, strategi distribusi yang tepat atau penetapan harga yang jitu. Harga merupakan instrumen pemasaran yang paling fleksibel dan mudah dimainkan dibanding instrumen pemasaran yang lain. Hal ini berarti ada titik lemah dan sekaligus kekuatan yang dimilikinya.
Kelemahannya, jika tidak waspada bisa mendorong nilai produk merosot ke bawah, atau bahkan tak tersentuh pembeli. Sebaliknya menjadi kekuatan kalau sampai pada tahap dianggap sebagai bagian dari nilai produk itu sendiri.
Harga akan cenderung menjelaskan kualitas produk barang tersebut. Kini konsumen cenderung menuntut harga yang sesuai dengan kualitas produk, apalagi konsumen wanita. Mereka lebih memperhatikan unsur harga dan kualitas produk. Kemampuan pengetahuan konsumenpun sekarang ini semakin berkembang. Konsumen akan tetap mempertimbangkan manfaat terbesar yang akan diterimanya yang selanjutnya bersedia membayar lebih banyak untuk kenyamanan, penampilan, kehandalan dan prestise yang dirasakan dari kualitas produk yang baik untuk dibelinya.  
Pond’s merupakan salah satu produsen produk-produk kecantikan yang berada dibawah naungan Unilever. Yang memproduksi pelembab, pembersih, hands body, lipstik dll. Pilihan jenis yang beraneka ragam sejatinya sebagai strategi untuk memenuhi keinginan konsumen yang beragam.
Selain itu pula, pond’s juga mempunyai program yang dinamai pond’s beutiful  yaitu semacam organisasi pengguna pond’s yang disitu para pengguna pond’s bisa melakukan konsultasi kecantikan, kewanitaan, kepribadian dan yang lainnya terkait wanita.
Pond’s juga pernah masuk peringkat kedua dalam ISCA (Indonesian Custumer Satisfaction Award), dalam kategori Personal Care pada sabun pembersih wajah, peringkat ke empat pada produk hand body lotion, peringkat ke enam pada produk bedak muka, serta peringkat ke delapan pada produk lipstik. Yang kesemuanya itu diperoleh dalam satu tahun yakni tahun 2005 (Majalah SWA, 2005).
Berbeda dari produk kosmetik kebanyakan yang dijual dipasar modern, Pond’s sejak awal memilih konsep direct selling (penjualan langsung) yang juga termasuk yang menjadi kelebihan Pond’s dalam menarik konsumen, dan untuk menyiasati  persaingan dan memuaskan konsumen dari sisi harga, pond’s menciptakan harga yang standart. Hal ini sesuai dengan pasar Indonesia yang masih sensitif terhadap harga dan rata-rata daya beli masyarakat kita masih terbatas.
Melihat dari pemaparan diatas maka penulis ingin mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Pond’s. Sehingga penulis mengambil judul penelitian sebagai berikut : “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Pond’s Di Ratu Swalayan, Malang”.
B.  TUJUAN PENELITIAN
1)      Untuk melihat pengaruh variabel harga dan variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek Pond’s di Ratu Swalayan, Malang.
2)      Untuk melihat pengaruh variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik  Pond’s di Ratu Swalayan, Malang.
C.  METODE PENELITIAN
Lokasi penelitian ini dilakukan di Ratu Swalayan, Jalan Pasar Besar No.52, Malang. Adapun pertimbangannya adalah bahwa outlet tersebut dirasa cukup potensial untuk mewakili seluruh pengguna produk kosmetik merek pond’s di Malang, selain itu outlet tersebut mempunyai omzet penjualan terbesar khususnya pada produk kosmetik merek pond’s serta penetapan harga paling murah sewilayah Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu penelitian yang data-datanya berupa angka-angka atau data-data yang diangkakan (Indriantoro dan Supomo, 1999:12), dengan pendekatan survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok (Singarimbun , 1989:3).
Dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yaitu data yang berupa gambaran atau informasi. Kemudian data tersebut diolah menjadi data kuantitatif, yaitu data yang bertujuan untuk menjelaskan situasi dengan berupa angka-angka (Indriantoro dan Supomo, 1999:12).



 

No comments:

Post a Comment