KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Saturday, July 13, 2013

SKRIPSI Metode Pengendalian Persediaan sebagai Upaya Optimalisasi Proses Produksi



A. Pendahuluan
                  Pada dasarnya semua perusahaan didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan baik berupa keuntungan financial maupun keuntungan non-financial, Akan tetapi untuk mendapatkannya bukan perkara mudah melainkan harus melalui sebuah proses. Proses produksi pada hakekatnya merupakan kerjasama antar faktor-faktor produksi yang dipengaruhi dan diarahkan oleh manajemen untuk mencapai tujuan produksi. Dalam sistem produksi Islam terdapat konsep kesejahteraan ekonomi digunakan dengan cara yang lebih luas. Menurut Rustam Effendi (2003: 34) Konsep itu terdiri dari: pertama, produk-produk yang menjauhkan manusia dari nilai-nilai moral dilarang diproduksi. Kedua, aspek social produksi ditetapkan dan secara ketat dikaitkan dengan proses produksi. Ketiga, masalah ekonomi hadir bukan karena banyak berkaitan dengan kebutuhan hidup, tetapi timbul karena kealpaan dan kemalasan manusia dalam usahanya mengambil manfaat sebesar-besarnya dari anugerah Allah, baik dalam bentuk sumber-sumber manusiawi maupun sumber-sumber alam. Dalam proses produksi tidak lepas dari ketersediaan bahan baku dan kebijakan perusahaan sebagai bahan dasar dalam proses produksi tersebut, dimana bahan baku merupakan sumber alam dan kebijakan perusahaan merupakan sumber manusiawi.
                  Pada Perusahaan knalpot “Sumber Agung” Malang, dalam upaya untuk mempertahankan kelancaran proses produksi dan pengawasan persediaan bahan baku masih belum terpenuhi secara optimal. Karena masih sering terjadi kelebihan bahan baku dan kekurangan bahan baku plat baja yang menghambat jalannya proses produksi. Untuk itu diperlukan pengawasan persediaan bahan baku yang harus terus diperhatikan dari waktu ke waktu yang diperlukan sebagai acuan untuk merealisasikan rencana yang telah disusun perusahaan untuk waktu yang akan datang.
                  Manajemen persediaan merupakan suatu cara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalikan persediaan untuk dapat melakukan pemesanan yang tepat yaitu dengan biaya yang efisien. Oleh karena itu konsep pengelolaan sangat penting diterapkan oleh perusahaan agar tujuan efektifitas maupun efisiensi tercapai. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam manajemen persediaan sebagai upaya optimalisasi proses produksi supaya tidak mengalami hambatan adalah model EOQ (Economic Order Quantity) yang digunakan untuk menentukan tingkat kebutuhan maksimum maupun minimum atas persediaan yang diperlukan serta penentuan alokasi penggunaan biaya untuk pembelian bahan baku.

B. Tujuan Penelitian
1.      Untuk menganalisa pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan oleh Perusahaan knalpot  “Sumber Agung” malang.
2.      Memberikan masukan terhadap perusahaan dalam meningkatkan efisiensi produksi melalui suatu sistem pengendalian persediaan bahan baku yang optimal bagi perusahaan tersebut.

C. Metode Penelitian
1. Lokasi Penelitian
            Berangkat dari masalah pengendalian persediaan bahan baku plat yang sangat penting dalam proses produksi pada perusahaan knalpot, maka penulis menentukan lokasi penelitiannya pada Perusahaan knalpot “Sumber Agung” malang yang berkedudukan di Jalan Raya Segaran No. 3 Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.
2. Jenis Penelitian dan Pendekatan Penelitian
            Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi perusahaan sehingga penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif.
            Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistika, dengan menggunakan metode kuantitatif diharapkan dapat diperoleh signifikansi hubungan antara variable yang diteliti.
            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan analisa studi kasus, karena penelitian ini dilakukan oleh penulis setelah mempelajari permasalahan nyata yang dihadapi oleh Perusahaan knalpot “Sumber Agung” Malang. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei langsung pada pimpinan perusahaan dan karyawan. Sedangkan data yang dikumpulkan semata-mata bersifat deskriptif sehingga tidak bermaksud mencari penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi maupun mempelajari implikasi.

3.      Data dan Sumber Data

            Data yang penulis kumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, dalam penelitian ini data primer tersebut diperoleh langsung dari pimpinan perusahaan. Data tersebut adalah data-data mengenai produksi, khususnya masalah pengendalian persediaan bahan baku plat.
            Sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung dari pengumpulan pihak lain, diantaranya bersumber dari buku-buku, literature dan dokumen lain yang relevan sebagai penunjang serta pelengkap data primer yang digunakan  untuk memperjelas penelitian terhadap perusahaan.

4.      Metode Pengumpulan Data

a. Observasi
         Adalah suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan suatu data dengan pengamatan secara langsung terhadap kenyataan yang ada dalam obyek penelitian tersebut.
b. Interview
         Metode pengumpulan data secara langsung dengan cara mengadakan Tanya jawab dengan sample yang ada pada obyek yang diteliti dalam hal ini dengan pimpinan maupun karyawan perusahaan knalpot “Sumber Agung”.
c. Dokumentasi
                     Yaitu suatu pengumpulan data dengan cara menyalin beberapa dokumen yang ada pada perusahaan untuk jenis data kualitatif dan kuantitatif yang diperlukan,



 

No comments:

Post a Comment