KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 9, 2013

RANGKUMAN TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN OLAHRAGA

BAB I
PENDAHULUAN TES DAN PENGUKURAN

Dalam proses pembelajaran tes dan pengukuran merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan evaluasi. Tes merupakan suatu alat yang digunakan untuk memperoleh data dari suatu obyek yang akan di ukur, sedangkan pengukuran suatu proses untuk memperoleh data, data diperoleh dari hasil pengukuran yang sipatnya obyektif dapat dijadikan dasar penilaian dalam proses pembelajaran.
Apakah evaluasi itu? Untuk memberikan jawaban evaluasi, baiklah kita tinjau beberapak konsep evaluasi ini. Evaluasi berasal dari kata evaluation. Pengertian evaluation berdasarkan kamus inggris, indonesia, yang disusun oleh Ochalaos dan Sahadily (1981) bahkan evaluation berarti evaluasi, jadi menurut Scot dan French (1959) dapat yang artinya evaluasi itu suatu proses untuk memberikan gambaran terhadap pencipta yang telah ditetapkan.
Berdasarkan para ahli bahwa evaluasi merupakan suatu proses informasi yang diperoleh melalui proses pengukuran dan berdasarkan suatu kriteria. Untuk melakukan penilaian program pendidikan harus memperhatikan prinsip-prinsip pengetesan dan pengukuran.
Guru penjas sebagai dasar dalam melaksanakan penilaian keberhasilan suatu program pendidikan tergantung pada prinsip-prinsip tes dan pengukuran.

Adapun prinsip-prinsip tes dan pengukuran sebagai berikut :
1.             Sebagai alat untuk mencapai tujuan
2.             Pengukuran berhubungan dengan tujuan
3.             Penentuan dengan kebutuhan
4.             Menentukan kebutuhan, peralatan, bahan dan metode
5.             Pengukuran lebih luas dari pada tes
6.             Pengukuran objektif dan obyektif

Fungsi tes dan pengukuran merupakan bagian integral dalam proses evaluasi kegiatan belajar mengajar. Pengukuran merupakan salah satu tekhnik dalam evaluasi. Khususnya dalam proses pengumpulan data diperlukan pengukuran yang sipatnya obyektif adapun cri-ciri pengukuran adalah bersipat tepat bersipat obyektif bersipat kuantitatif, hasilnya dapat di olah secara statistik
Fungsi tes dan pengukuran adalah menentukan ststus dan mengadakan klasifikasi.
Suatu tes akan di katakan baik bila tes memenuhi beberapa indikator yang mencerminkan kualitas tes atau alat ukur yaitu derajat kualitas reabilitas dan obyektipitas, ekonomis, kepraktisan dalam pelaksanaan mempunyai nomor 4.
Tes yang paling palid adalah tes yang dapat mengukur apa yang hendak diukur, pali di atas mempunyai 4 jenis yaitu :
1.             Paliditas isi
2.             Paliditas konstruksi
3.             Paliditas stara
4.             Paliditas prediksi


No comments:

Post a Comment