KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Saturday, July 13, 2013

PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK ACER DI ACER POINT MALANG



1.1.            LATAR BELAKANG
Maraknya notebook yang beredar di Indonesia jelas menimbulkan persaingan antara produsen satu dengan produsen lain ini bisa kita lihat dengan adanya berbagai merek yang ada di pasar. notebook alias laptop adalah komputer jinjing yang berukuran kecil dan ringan meski ukurannya kecil fungsinya tetap maksimal, terutama untuk berselancar di dunia maya. Ciri-ciri utamanya, notebook ini berbentuk kecil sekaligus ramping. Selain itu, notebook mempunyai fungsi atau fitur utama untuk koneksi internet. Di tengah krisis sekarang, orang tentu akan mencari notebook yang harganya miring tapi tetap bisa asyik buat main internet. Kebutuhan inilah yang memperbesar pasar notebook di tanah air. Dalam perkembangannya, notebook lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan ketika seseorang dengan notebook terhubung dengan internet dengan memanfaatkan titik akses atau dikenal dengan hot spot terdekat  tanpa harus ke warung internet. lunjap.wordpress.com
Merek-merek notebook yang beredar di Indonesia sangat banyak sehingga konsumen sangat mudah untuk memilih berbagai macam merek notebook. Ada berbagai macam merek notebook yang beredar di Indonesia mulai Acer, Toshiba, Compaq, Lenovo, Axioo, Sony. Seluruh produsen notebook ini mempunyai produk- produk unggulan masing-masing dan semuanya bersaing dalam merebutkan pasar konsumen di Indonesia melalui berbagai macam terobosan dan inovasi. Sedangkan untuk mengambarkan skala global pasar notebook pada tahun 2005 - 2009 bisa kita lihat tingkat pangsa pasar dari berbagai merek notebook yang ada di pasar pada tabel berikut:






TABEL 1.1
DATA PANGSA PASAR NOTEBOOK

TAHUN
NO
MEREK
MARKET SHARE
2005
1
Toshiba
  33%

2
Acer
                25%

3
Compaq
                9,4%

4
Lenovo
7,5%

5
Axioo
4,6%

6
Sony
3,7%
2006
1
Toshiba
42,4%

2
Acer
30%

3
Compaq
10,5%

4
lenovo
8,5%

5
Axioo
4,8%

6
Sony
                4,1%
2007
1
Acer
20,1%

2
Axioo
19,9%

3
Compaq
17%

4
Toshiba
14%

5
Lenovo
8,8%

6
Sony
5,6%
2008
1
Acer
35%

2
Lenovo
27,5%

3
Compaq
19,9%

4
             Toshiba
18%

5
Axioo
14,9%

6
Sony
4,1%
2009
1
Acer
43,2%

2
Toshiba
               30,5%

3
Lenovo
               30%

4
Compaq
               22,6%

5
Axioo
               22%

6
Sony
               5,8%
Data: Studi Riset Gartner (www. kompas.com Minggu (14/06/09).

Keberadaan Acer  mempunyai ciri khas sendiri dibandingkan merek lain, Acer adalah produsen komputer yang memang bisnis intinya adalah komputer. Ini yang membedakan dari produsen lainnya. Seperti Toshiba, Sony,  dan lain-lain. yang menempatkan notebook hanya sebagai salah satu bagian bisnisnya. Jadi Acer dapat lebih konsentrasi di industri ini.
Setiap perusahaan seperti Acer berusaha membangun merek mereka dengan hal-hal yang berkaitan dengan persepsi masyarakat tentang keberadaan produk-produk yang di keluarkan atau yang dijual. Sedangkan merek itu sendiri merupakan sebuah nama atau simbol seperti logo, trade mark, dan sekumpulan desain yang unik yang mengidentifikasi produk atau jasa dari penjual dan membedakannya dari produk dan jasa milik pesaing (Kotler 2005;82). Merek sangatlah bernilai bagi perusahaan karena mampu mempengaruhi pilihan atau preferensi konsumen. Sedangkan menurut Kotler (2005;84), pada hakikatnya merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberi seperangkat atribut, manfaat dan pelayanan. Bahkan merek bisa mencerminkan enam dimensi makna yaitu atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian dan pemakai. Oleh karenanya suatu perusahaan harus menentukan posisinya dalam mananamkan identitas merek pada konsumen.Dari proses penanaman identifikasi merek pada konsumen maka akan terciptalah ekuitas merek pada produk perusahaan. Konsumen akan berani membayar lebih terhadap produk yang mempunyai ekuitas merek di benak konsumen, karena apa? jaminan kualitas dan mutu tertentu yang diyakini terkandung didalamnya.
Menurut Durianto (2004;40) ekuitas merek adalah konsep multi dimensional yang terdiri dari kesadaran merek (brand awarenes), kualitas yang di persepsikan (perceived quality), asosiasi merek (brand association), loyalitas merek (brand loyality), dan indikator obyektif lain seperti persepsi nilai (perceived value). Dimensi ekuitas merek, seperti kesadaran merek (brand awarenes), merupakan dasar dari proses pemahaman akan suatu merek yang mana akan membentuk suatu kesan merek yang khusus. Pemahaman suatu merek atau kesadaran suatu merek sebagai suatu yang menghubungkan memori dengan otak, dan kesan merek sebagai sekumpulan asosiasi merek yang berguna.
Sedangkan kualitas yang dipersepsikan oleh konsumen (perceived quality) pada suatu produk adalah tindakan subyektif konsumen pada produk yang menurut dia mempunyai suatu keunggulan dari pada produk lain Aaker dalam Durianto (2004;16). Pengalaman menggunakan produk secara personal, kebutuhan unik, dan situasi konsumsi dapat mempengaruhi penilaan subyektif konsumen terhadap kualitas suatu produk.
Loyalitas merek (brand loyality) merupakan komitmen kuat dalam membeli atau berlangganan kembali suatu produk atau jasa yang dipilih secara konsisten dimasa mendatang (Aaker dalam Durianto 2004;19). loyalitas akan membentuk dan membuat konsumen membeli suatu produk yang bermerek secara teratur dan konsisten dan tidak mau beralih kemerek lainya. Hal itu berarti jika konsumen loyal terhadap suatu merek maka ekuitas merek akan meningkat.
Asosiasi merek (brand asosiation) merupakan dimensi dari ekuitas merek. Dimana perusahaan akan menemukan manfaat mengasosiasikan merek mereka dengan citra lainya, icon, khususnya merek lain. Asosiasi merek akan sangat membantu para konsumen dalam memproses informasi tentang suatu merek. Sehingga dengan asosiasi merek citra produk itu akan semakin kuat dan proses tranformasi informasi ke konsumen juga akan berjalan dengan baik dan valid. Aaker dalam Durianto (2004;10).
Persepsi nilai (perceived value) termasuk dalam dimensi ekuitas merek. Merupakan bentuk persepsi yang ada dalam benak konsumen terhadap sebuah produk perusahaan dan sangat terkait erat dengan kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk, harga, kualitas layanan, faktor emosional, dan kemudahan. Dengan adanya persepsi seperti ini maka konsumen akan menjadi pelanggan yang loyal untuk membeli produk dari perusahaan.Durianto (2004;7).
Dimensi Ekuitas merek diatas mulai kesadaran merek, kesan kualitas, loyalitas merek, asosiasi merek, persepsi nilai, harus saling berkaitan dalam pembentukan ekuitas merek yang kuat dan tangguh seperti contoh perusahaan mobil jerman Mercedes telah membangun bisnis raksasa dengan merek yang terkenal dengan bantuan para pengunanya (eksekutif puncak) Kotler (2005:82).
Seperti contoh di atas pada perusahaan Mercedes yang ekuitas mereknya terjamin. Hal itu menunjukkan bahwasannya merek akan betul-betul di cintai oleh konsumenya apabila ekuitas merek produk tersebut terjaga dan kuat di benak konsumennya.yang mana konsumen akan rela dan senang hati pada merek tersebut untuk memuaskan kebutuhannya terhadap produk tersebut. Karenanya pembangunan ekuitas merek dalam suatu perusahaan pada produk yang diciptakannya merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan produk dipasaran. Dan dengan modal ekuitas merek yang tangguh produk itu akan kuat bersaing di pasaran dengan para pesaingnya merek yang lain.
Sedangkan merek Acer merupakan sebuah merek komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook, server penyimpanan data, layar. Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Kantor pusatnya terletak di Kota Sijhih, Taipei County, Taiwan. Sedangkan untuk mengembangkan usahanya di Indonesia perusahaan Acer banyak membuka gerai-gerai resmi Acer Point di seluruh Indonesia, salah satunya Acer Point yang ada di Malang. Acer Point yang ada di Malang merupakan provider resmi Acer yang berfungsi memberikan pelayanan bagi pelanggan Acer yang ada di daerah Malang. Dari latar belakang diatas peneliti mengambil judul Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian  notebook Acer Di Acer Point Malang.








No comments:

Post a Comment