KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 9, 2013

MAKALAH GUNUNG GALUNGGUNG MELETUS

BAB I
PENDAHULUAN


A.        Pengertian Gunung
Gunung adalah dataran tinggi yang di tanami oleh pohon – pohonan, yang di penuhi binatang – binatang dan menghiasi alam sekitar kita.

B.        Penyebab / akibat gunung meletus
Karena tidak adanya perawatan gunung sehingga mengakibatkan gunung meletus dan akibatnya bisa mengakibatkan sawah, ladang dan harta benda hangus terbakar.

C.        Anspirasi/menghindari gunung meletus
Adalah harus selalu menjaganya agar gunung tidak meletus lagi dan warga pun tidak ppanik.


BAB II
PEMBAHASAN MASALAH TENTANG
GUNUNG GALUNGGUNG MELETUS


Malapetaka datang tidak terduga, gunung galunggung di jawa barat dengan ketinggian 2504 meter di atas permukaan laut meletus menggelegar di kesunyian malam.
Hari itu, rabu 4 april 1982, gunung galunggung yang selama ini membisu memperlihatkan keperkasaannya, gunung itu mengamuk hampir terus menerus selama seminggu, lahar panas yang membara mengalir menghancurkan apa saja yang menghalanginya. Batu – batuan besar dan kecil membara terpencar ke udara bagikan kembang api.
Letusan gunung galunggung itu memang sangat mengagetkan penduduk yang tinggal di sekitarnya. Suara menggelegar, menggemuruh dan menakutkan menghujam kesunyian malam, penduduk terhentak, terkejut dan panik.
Korban jiwa dalam pristiwa gunung galunggung memang tidak ada, namun korban harta benda sangat besar berhektar – hektar lahan menjadi kering dan sawah rusak.
Tanaman keras, padi dan palawijaya hancur luluh. Beratus ekor ternak mati, tempat tinggal yang selama ini di tempati harus di tinggalkan karena tidak aman. Penduduk di ungsikan ke daerah tasik, ciamis, manonjaya dan desa lainnya yang lebih aman.

Bekas – bekas gunung galunggung masih kelihatan jelas samapi kini. Kayu menjadi layu meranggas, patah tumbang atau hangus terbakar. Kelihatan di puncak dan lereng gunung, lahar dingin menumpuk di kawah, lahar mengeras mengisi lereng gunung, batu besar dan kecil berserakan di sanan sini, tumpukan pasir berton – ton mengumpul di kaki gunung. Konon kabarnya pasir itu cocok untuk bahan adukan beton pasir itu di kirim ke jakarta lalu di ekspor ke jepang.

No comments:

Post a Comment