KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Thursday, July 11, 2013

makalah geografi tentang atmosfer.doc



ATMOSFER

Bumi terillri dari beberapa lapisan. Lapisan yang padat disebut litosfer, yang cair illsebut hidrosfer, sedangkan yang berbentuk gas (udara) disebut atmosfer.

A.        Ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
1.             Pengertian Atmosfer
Lapisan udara yang melindungi bumi disebut atmosfer. Atmosfer juga melindungi manusia dari sinar matahari dan meteor-meteor. Keberadaan atmosfer memperkecil perbedaan temperatur siang dan malam.Atmosfer yang meriutupi bumi menjerat panas ini sehingga lebih lambat bergerak ke ruang angkasa dan mengurangi dingin udara pada malam hari. Atmosfer juga melindungi manusia dari benda­benda langit.oDip;rkirakan bahwa a'l\nlosfer bumi mendapat gempuran ratusan milyar meteor setiap 24jam, tetapi begitu sampai di atmosfer, meteor-meteor tersebut berubah menjadi gas dan dcbu karena gesekan.
Atmosfer terdiri atas berbagai macam gas yang menycluhllnf.,'; bumi sampai pada ketinggian 1100 km di atas permukaan air laut. Gas-gas tersebut adalah nitrogen (78 %), oksigen (21 %), argon (0,9%), karbondioksida (0,03 %), dan uap air, kripton, neon, xinon, hidrogen, helium, dan Dapn sebesar 0,07 %. Gas-gas tersebut juga sangat berguna bagi manusia.
2.             Lapisan Atmosfer
Hasil penelitian para ahli menyatakan bahwa atmosfer terdiri atas ima lapis an, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.
a.              Troposfer
Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah. Ketinggian lapisan ini pada berbagai tempat berbeda-beda. Ketinggian lapisan troposfer di· daerah ekuator mencapai 16 km, di daerah lintang sedang kurang lebih 11 km, sedangkan di daerah kutub hanya mencapai 9 km. Ketinggian rata-rata lapisan troposfer adalah 12 km. Lapisan troposfer masih dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:
1)            lapisan planetair, dengan ketinggian 0 km sampai dengan 1 km;
2)            lapisan konveksi, dengan ketinggian antara 1 km sampai dengan 8 km;
3)            lapisan tropopause, dengan ketinggian antara 8 km sampai dengan 12 km.
Ciri-ciri lain dari lapisan ini adalah sebagai berikut.
a.             Lapisan troposfer merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang mengandung air (air, uap, dan es) sehingga di lapis an ini berlangsung evaporasi dan kondensasi.
b.             Lapisan temp at terjadinya sirkulasi dan turbulensi seluruh bahan atmosfer. Karenanya lapisan ini menjadi satu-satunya lapisan yang mengalami pembentukan dan perubahan cuaca, seperti angin, awan, presipitasi, badai, kilat, dan guntur.
c.             Suhu udara padalapisan ini turun dengan bertambahnya ketinggian. Kondisi ini disebut lapse rate. Rata-rata lapse rate seluruh dunia adalah 0,65" C 'Setiap naik 100 m dari per­mukaan laut.
d.            Pada lapisan tropopause, gejala lapse rate tidak terjadi) 



 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment