KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 9, 2013

M A K A L A H “Bagaimana Pendidikan Jasmani Supaya Dianggap penting

BAB I
PENDAHULUAN


Pendidikan jasmani terdiri dari dua kata yaitu pendidikan dan jasmani. Pendidikan ialah suatu proses kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk merubah prilaku seseorang menjadi baik atau lebih baik bagi kehidupan diri dan masyarakatnya. Serta mampu bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatannya.
Sedangkan jasmani merupakan kesehatan diantaranya kesehatan badan, mental (rohani) dan sosial.
Dalam pembangunan nasional perhatian terhadap dunia kehidupan anak-anak tidak dapat diabaikan. Anak merupakan investasi dalam bidang tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDA) yang potensial sehingga perlu dibina sendiri mungkin oleh karena itu pendidikan jasmani mempunyai pernanan yang sangat besar karena secara organisasi sekolah berada di bawah naungan Departemen pendidikan nasional dan secara fungsional departemen kesehatan bertanggung jawab atas kesehatan anak didik.
Masa yang tepat untuk menamakan kebiasaan hidup sehat dengan harapan agar mereka dapat meneruskan dan mempengaruhi lingkungannya pada saat sekarang dan di masa akan datang, karena masyarakat yang akan datang merupakan salah satu hasil dari pengertian sikap dan kebiasaan hidup sehat yang dimiliki anak pada waktu sekarang.
Untuk itulah pendidikan jasmani sangat penting untuk diterapkan di sekolah – sekolah.





BAB II
PEMBAHASAN

A.           Bagaimana cara supaya pendidikan jasmani dianggap penting
Status pendidikan jasmani di lembaga pendidikan formal memang masih memerlukan pemberdayaan dalam pengertian, bidang studi yang menjadi wahana pendidikan itu harus dikembangkan. Sementara ini semua insan pendidikan menyadari status pendidikan jasmani yang masih dianggap sebagai “pelengkap” bagi bidang studi lainnya.
Suara keluhan guru pendidikan jasmani tidak henti-hentinya mereka kemukakan dalam berbagai kesempatan. Namun pemecahan masalahnya tidak kunjung tuntas. Mengapa ?
Persoalan tersebut terkait langsung dengan tataran atas tingkat kebijakan, dengan catatan, bahwa bidang studi itu belum termasuk prioritas. Hal ini tidak lepas dari kebijakan nasional pendidikan yang sementara ini masih memberikan prioritas pada bidang studi IPA yang dihubungkan dengan upaya bangsa indonesia untuk memajukan bidang IPTEK.
Masih banyak orang yang belum memahami bahwa pendidikan jasmani itu sangat potensial untuk merangsang perkembangan penalaran dan fungsi saraf yang dibutuhkan dalam pembuatan keputusan.
Dengan tidak memandang remeh apa yang telah dikerjakan oleh guru-guru dengan sepenuh hati dan kegigihan. Mengatasi berbagai masalah dan tantangan di lapangan. Dimensi kemampuan mnajerial dalam pendidikan jasmani harus ditingkatkan.


UNDUH-FILE/BACA 

No comments:

Post a Comment