KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Tuesday, July 9, 2013

KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA



KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA


A.        Kehidupan Awal Manusia Indonesia
1.         Teori Kehidupan Di Bumi
Zaman Arkaekum yaitu zaman tertua dan diperkirakan sekitar 1500 juta tahun.
Zaman Palaeozoikum berusia sekitar 340 Juta tahun.
Zaman Mesozoikum berusia sekitar 140 juta tahun
Zaman neozoikum / kainozoikum berusia sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
-           Zaman Tersier
-           Zaman Kuarter
2.         Pendapat Para Ahli Mengenai Kehidupan Awal
Teori-teori yang mendukungnya dikenal dengan teori imigrasi. Menurut teori imigrasi terdapat beberapa petunjuk tentang keberadaan masyarakat awal di kepulauan Indonesia.
a.        Prof. Dr. H. Kern dengan teori imigrasi menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia. Teorinya itu didukung oleh perbandingan Bahasa, karena bahasa-bahasa yang dipakai di kepulauan indonesia, polinesia, malanesia, micronesia, berawal dari satu akar bahasa yang bernama bahaasa Austronesia.
b.        Van Heine Gelden berpendapat bahwa abangsa indonesia berasal dari daerah Asia. Pendapatnya ini didukung oleh artefak-artefak (bentuk budaya) yang ditemukannya di indonesia memiliki banyak persamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia.
c.         Prof. Mohammad yamin berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri. Hal ini dibuktikan dengan penemuan fosil-fosill dan artefak-artefak tertua dengan jumlah terbanyak yang ditemukan di daerah Indonesia.
Sedangkan berdasarkan beberapa pendapat dari tokoh-tokoh tentang asal-usul bangsa indonesia adalah sebagai berikut :
a.        Max Muller menyatakan bahwa asal dari bangsa indonesia adalah daerah Asia Tenggara. Namun dari pendapat Max Muller ini tidak begitu jelas alasannya. Barangkali max muller menarik kesimpulan dari pendapat-pendapat para ahli lainnya.
b.        Prof. Dr. H. Kern menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Campa, kochin Cina, Kamboja. Kern juga menyatakan bahwa nenek moyang bangsa indonesia mempergunakan perahu-perahu bercadik menuju kepulauan indonesia. Pendapat kern ini didukung dengan adanya persamaan nama dan bahasa yang dipergunakan di daerah-daerah tersebut dengan daerah-daerah di indonesia. Hal ini disebabkan karena obyek penelitian dari kern adalah tentang persamaan bahasa, pada nama-nama binatang dan alat-alat perang. Di samping itu, pendapat kern ini sangat besar dipengaruhi oleh pendapat Willem Smith.
c.         Willem Smith menyatakan dalam penelitiannya tentang asal-usul bangsa indonesia melalui penggunaan bahasa oleh bangsa indonesia. Willem Smith membagi bangsa-bangsa di Asia atas dasar bahasa yang digunakannya, yaitu bangsa yang berbahasa togon, bangsa yang berbahasa Jerman dan bangsa yang berbahasa Austria. Kemudian bahasa Austria dbagi dua, yaitu bangsa yang berbahasa Austro Asia dan bangsa yang berbahasa Austronesia. Bangsa – bangsa yang berbahasa Austronesia ini mendiami wilayah indonesia, melanesia, dan polinesia.


No comments:

Post a Comment