KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Saturday, July 13, 2013

ANALISIS BIAYA PROMOSI (COST PROMOTION) TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
                Dalam era persaingan perusahaan seperti sekarang ini laju persaingan antar perusahaan semakin tajam. Persaingan merupakan masalah yang timbul dari luar perusahaan dimana persaingan akan timbul dari perusahaan lain yang sejenis. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan itu adalah dengan mendapatkan konsumen yang sebanyak-banyaknya yaitu dengan cara mempromosikan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Pada dasarnya suatu perusahaan didirikan adalah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Salah satu faktor penunjang dalam pencapaian usaha tersebut adalah dalam bidang “analisis biaya promosi”. Biaya promosi adalah semua beban yang dikeluarkan guna keperluan promosi. Biaya promosi adalah unsur dari laporan keuangan sehingga apabila kita ingin menganalisis biaya promosi maka kita harus menelaah laporan keuangan dahulu. membedah laporan keuangan kedalam unsur-unsurnya, menelaah masing-masing unsur tersebut dan menelaah hubungan antara unsur-unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan tepat atas laporan itu sendiri, sehingga kita temukan unsur biaya promosi dan hubungannya dengan unsur lain.
Kemampuan perusahaan dalam mengatur keuangannya dapat mendatangkan keuntungan yang tak sedikit bagi perusahaan. Dalam mengeluarkan biaya perusahaan harus berusaha menyesuaikan dengan kebutuhan tanpa meninggalkan norma-norma perdagangan.
Secara teknis hal ini dapat dicapai apabila perusahaan dapat menentukan strategi pemasarannya dengan cara menganalisa tepat terhadap kegiatan pada marketing mix yaitu mengadakan analisa terhadap produk, harga, saluran distribusi maupun promosi.
Promosi merupakan salah satu bidang dari kegiatan pemasaran yang pada umumnya dapat digunakan bagi perusahaan dalam usaha memperbesar volume penjualannya. Hal ini dilakukan apabila produk harga saluran distribusi telah ditetapkan secara tepat oleh perusahaan, maka promosi akan berperan sangat penting.
Dalam melakukan kegiatan produksi, perusahaan memerlukan suatu pengorbanan biaya yang cukup besar. Dengan biaya promosi yang besar diharapkan juga kegiatan promosi akan semakin luas dalam menjangkau konsumen dan dapat mencapai jumlah permintaan yang lebih besar pula, besarnya volume penjualan dipengaruhi oleh faktor promosi, sedangkan besar kecilnya biaya promosi tergantung pada pihak marketing yang melakukannya.
Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, PT Pesona Remaja Malang selaku perusahaan yang bergerak dalam industri garmen yang memproduksi celana panjang dengan merk AKO dan CAESAR menghadapi banyak tantangan. Tantangan tersebut bisa berasal dari perusahaan garmen sejenis atau perusahaan lain dengan merk dagang yang lebih terkenal. Maka itu promosi merupakan hal yang efektif dalam menunjang pemasaran maka penulis mengambil judul “Analisis biaya Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Perusahaan Konveksi PT Pesona Remaja Malang”.

 B.    Rumusan Masalah
Dalam melakukan kegiatan produksi, perusahaan memerlukan suatu pengorbanan biaya yang cukup besar. Dengan biaya promosi yang besar diharapkan juga kegiatan promosi akan semakin luas dalam menjangkau konsumen dan dapat mencapai jumlah permintaan yang lebih besar pula, besarnya volume penjualan dipengaruhi oleh faktor promosi, sedangkan besar kecilnya biaya promosi tergantung pada pihak marketing yang melakukannya.
Berdasarkan keadaan yang ada PT Pesona Remaja yang hanya menggunakan media promosi satu jenis saja dalam satu tahunnya, hal ini lebih  disebabkan asumsi perusahaan bahwa dengan meminimalisasikan biaya promosi dapat mengurangi pengeluaran, yang berarti keuntungan dari omset penjualannya tidak berkurang banyak guna biaya promosi.
 Berdasarkan ruang lingkup penelitian diatas maka perumusan masalah yang diajukan adalah
  1. Bagaimana hubungan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja?
  2. Seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja?



C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.      Hubungan dan tingkat pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Pesona Remaja Malang.
2.      Seberapa besar pengaruh biaya penyebaran pamflet, biaya bursa pasar murah, biaya iklan radio (biaya promosi) terhadap volume penjualan pada perusahaan konveksi PT Pesona Remaja Malang.

D.    Ruang lingkup dan batasan penelitian
1.      Ruang Lingkup
Ruang lingkup yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan perusahaan konveksi PT Pesona Remaja Malang”.
periode tahun 2004-2006 meliputi laporan keuangan neraca dan laporan laba rugi.
2.      Batasan Penelitian
Batasan penelitian menujukan suatu keadaan yang tidak bisa dihindari, dalam penelitian ini adalah :
a.       Hasil penelitian ini berlaku khusus untuk PT. Pesona Remaja Malang.
b.      Laporan keuangan PT. Pesona Remaja Malang periode tahun 2004 - 2006.

 E.    Kegunaan Penelitian
1.       Bagi perusahaan
Dapat mengetahui perubahan-perubahan biaya promosi perusahaan dari waktu ke waktu dan perkembangan penjualan perusahaan




 

No comments:

Post a Comment