KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Monday, June 10, 2013

MAKALAH HAK ASASI MANUSIA DAN DEMOKRASI



LATAR BELAKANG

Akhir – akhir ini banyak terjadi silang pendapat dalam berbagai banyak hal antar agama satu dengan yang lainnya, negara satu dengan yang lainnya, dll. Perbedaan itu sesungguhnya terjadi karena adanya perbedaan konsep dari masing – masing pihak. Seperti halnya terjadi dalam bidang HAM dan Demokrasi menurut pandangan masing – masing ( antara pandangan Islam dan  Barat ). Yang dalam konteks ini, sebenarnya terdapat pula persamaan dan inti yang sama. Maka dari itu, dalam makalah ini akan dibahas pendapat dari masing – masing pihak, perbedaan, serta persamaan pada kesimpulannya.

A.     RUMUSAN MASALAH
1.      HAM dalam pandangan Islam ?
2.      HAM dalam pandangan Barat ?
3.      Perbedaan dan Persamaan HAM dalam pandangan Islam dan Barat ?
4.      Demokrasi dalam pandangan Islam ?
5.      Demokrasi dalam pandangan Barat ?
6.      Perbedaan dan Persamaan Demokrasi dalam pandangan Islam dan Barat ?


BAB II
ISI

A. Sejarah Hak Asasi Manusia  
            Hak Asasi Manusia ialah hak – hak  yang melekat pada manusia, yang tanpa dengannya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia ( Jan Materson, Komisi Hak Asasi Manusia PBB ). HAM juga merupakan hak – hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta ( hak – hak yang bersifat kodrati ). Para pakar di Eropa berpendapat bahwa lahirnya HAM dimulai dengan lahirnya Magna Charta ( 1215, Inggris ). Diikuti dengan lahirnya Bill of Rights ( 1689, Inggris ), The American Declaration of Independence ( lahir dari paham Rousseau dan Mostequieu ), dan selanjutnya The French Declaration ( 1789 ) yang kemudian melahirkan The Rule of Law. Dan dipertegas dengan adanya freedom of expression and religion, The right of property , dan hak – hak dasar lainnya, yang kemudian dijadikan dasar pemikiran untuk melahirkan rumusan HAM yang bersifat Universal ( The Universal Declaration of Human Rights, dishkan PBB tahun 1948 ).
Apabila kita berbicara tentang sejarah HAM, maka hal ini senantiasa mengenai konsepsi HAM menurut versi orang-orang Eropa/Barat, sebagaimana telah di bahas di muka. Padahal kalau kita mau bicara jujur, sesungguhnya agama Islam telah mendominasi benua Asia, Afrika, dan sebagian Eropa selama beratus-ratus tahun lamanya dan telah menjadi faktor penting bagi kebangkitan bangsa-bangsa Eropa (Luhulima, 1999). Tetapi fakta historis seperti ini jadinya diabaikan mereka, sesudah orang-orang Islam ditaklukkan dalam perang Salib terakhir (abad 14-15) di Eropa, hingga pasca perang dunia kedua (1945).

           Ismail Muhammad Djamil (1950), fakta telah membuktikan, bahwa risalah Islam (sejak permulaannya kota suci Mekah sudah memasukkan hak-hak asasi manusia dalam ajaran-ajaran dasarnya bersamaan dengan penekanan masalah kewajiban manusia terhadap sesamanya ). 
PENGEN LENGKAP SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INIDOWNLOAD FILE


No comments:

Post a Comment

Post a Comment