KATA SAMBUTAN BLOGGER TGL PEMBUATAN 01 MEI 2013

PERHATIAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA YANG SELALU MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA JIKA INGIN MAKALAHNYA LENGKAP DARI BAB I SAMPAI BAB III /IV SILAHKAN DI DOWNLOAD FILENYA , OK....

Wednesday, May 1, 2013

MAKALAH FENOMENA FACEBOOK DAN POSTMODERNISME.doc




BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG

Fenomena facebook yang telah dengan cepat menjamur seteleh didirikan 5 tahun yg lalu oleh Mark Zuckerberg dan Dustin Moskovitz telah membuat lebih dari 200 juta orang memiliki dan mengakses account mereka hampir setiap detiknya, serta 600 ribuan orang yang mendaftarkan email mereka setiap harinya. Dengan jumlah pengikut yang sedemikian besarnya, muncul  pertanyaan mendasar seperti: apa yang membuai mereka sehingga setia dan merekomendasikannya kepada rekan-rekan mereka?

Makalah berikut disusun berdasarkan keingintahuan penulis untuk membandingkan hubungan yang terjadi antara fenomena facebook dan masyarakat modern serta dampak sosial yang ditimbulkannya bagi masyarakat modern itu sendiri.

Facebook sebagai fenomena telah dengan cepat mengungguli beberapa situs-situs pertemanan global seperti friendster, myspace, hi5, dsb. Situs-situs pertemanan tersebut, tidak lain dan tidak bukan, bertujuan mempromosikan diri dan teman-teman yang dimilikinya ataupun orang lain yang dapat menjadi teman, baik dalam dunia nyata maupun dunia cyber.

Kepopuleran facebook antara lain didukung oleh tampilannya yang sederhana namun menggugah, yaitu berisikan informasi-informasi tentang teman-teman kita, hal-hal yang mereka pikirkan, foto-foto dan kemampuan untuk melakukan pembicaraan secara langsung.

Atas dasar itulah, kebanyakan yang menjadi fokus utama dari situs-situs pertemanan tersebut antara lain: komentar-komentar atas hal-hal aktual yang sedang terjadi, baik di masyarakat maupun diantara hubungan pertemanan mereka, foto-foto atau gambar-gambar yang dapat di-upload kemudian diberikan komentar oleh teman-temannya untuk menunjukkan ketertarikan ataupun hanya sekedar komentar lucu, beberapa aplikasi penunjang seperti game-game online yang dapat dimainkan bersama-sama secara simultan ataupun kuis-kuis yang dapat memberikan sedikit pencerahan mengenai kepribadian penggunanya  ataupun mereka yang diajak untuk mengikuti kuis-kuis tersebut.

            Masyarakat modern, tidak dapat dipungkiri senang dan menerima terhadap penemuan-penemuan baru, mereka menyikapi hal-hal baru dengan antusias tidak seperti masyarakat tradisional yang keukeh berpegang pada ajaran dan tradisi yang diwariskan turun-temurun, tanpa memiliki kemampuan untuk menyanggah ataupun mempertanyakannya. Facebook telah mendapat hati di masyarakat modern karena selain fungsinya yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern atas hal-hal yang baru, ia juga menjawab kebutuhan dasar setiap manusia sebagai makhluk sosial yaitu kebutuhan untuk berteman.

            Walaupun demikian, beberapa pihak telah memberikan kritik negatif atas kehadiran facebook yang mereka anggap sudah menjadi ‘candu’ bagi beberapa orang sehingga membuat mereka mengalami penurunan produktivitas. Hal yang sedikit banyak mengkhawatirkan karena akan memiliki pengaruh yang buruk tidak hanya bagi facebookers1, tetapi juga bagi orang-orang disekitarnya yang mengalami kesulitan komunikasi karena dominasinya yang begitu kuat dalam diri para facebookers mania.





 PENGEN LENGKAP SILAHKAN DOWNLOAD FILENYA INI

No comments:

Post a Comment